JITU MENYIASATI RAPUH TULANG (2-HABIS) – Seledri Menahan Proses Osteoklas

MERAPI-ISTIMEWA Seledri banyak mengandung mineral.
MERAPI-ISTIMEWA
Seledri banyak mengandung mineral.

BEBERAPA pengobatan spesifik dapat dirujuk untuk mengatasi osteoporosis. Bentuknya sangat bervariasi, tergantung penyebabnya. Namun pada dasarnya, obat-obat tersebut ditujukan untuk pembentukan tulang dan mengurangi resorpsi tulang. Dengan demikian dapat dikurangi kehilangan massa tulang penyebab fraktur.

Bernagai cara pengobatan tersebut antara lain dengan pemberian hormon estrogen, kalsitonin, bisfostonat, kalsium, vitamin D dan androgen. Juga dengan fisioterapi dan operasi.

Upaya pengobatan penderita osteoporosis tidak hanya dengan jalan mengonsumsi obat dari dokter, tetapi yang utama adalah mengubah pola makan, yakni dengan banyak mengonsumsi makanan berkalsium tinggi.

Herbalis Dr Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang mengupas osteoporosis menandaskan, cara lain yang dapat ditempuh yaitu dengan mengonsumsi tanaman obat untuk osteoporosis.

Fungsi dan peran tanaman obat dalam upaya pengobatan osteoporosis bermacam-macam, tergantung dari kandungan yang berada dalam tanaman tersebut.

Kacang kedelai, misalnya, merupakan bahan pangan yang banyak mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang. Beberapa herba lain yang baik dirujuk adalah daun sendok, pegagan, biji bunga matahari, takokak, brokoli, kacang panjang, kacang gude, seledri, adas, wortel bayam dan lain sebagainya.

Namun demikian, kita juga harus mewaspadai makanan dan minuman yang dapat menyerap kalsium dalam tubuh. Misal dengan mengurangi minum kopi, alkohol dan membatasi pengonsumsian daging merah.

Herbalis Prof HM Hembing Wijayakusuma dalam sebuah media menjelaskan, untuk wanita muda konsumsi lemak yang mengandung kolesterol baik (HDL) secukupnya agar lemak dalam tubuh dan kadar hormon estrogen menjadi normal, hal ini dapat menjaga menstruasi menjadi normal.

Brokoli disebut-sebut sebagai bahan sayur yang dapat menanggulangi osteoporosis karena mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi dan berbagai kalsium serta glutation.

Brokoli yang sebenarnya adalah bunga tanaman bangsa kubis mengandung fitohormon yang dapat mempercepat proses penyembuhan setelah sakit berat.

Cara menggunakannya, brokoli segar ukuran sedang dipotong-potong seperlunya, kemudian dicuci dan direbus dalam tempo sebentar. Setelah matang brokoli dapat disantap sebagai bahan lalap.

Kacang panjang sebagai lalap juga memiliki mancaat setara brokoli. Setiap 100 gram daun kacang panjang (mbayung-Jawa) mengandung 135 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gram buah kacang panjang sendiri mengandung 345 gram kalsium. Selain itu bayam juga dapat dimasak sebagai sayur bening atau olahan lain.

Lalapan lain yang bermanfaat menahan laju osteoporosis adalah seledri. Selain mengandung flavonoid (apiin) yang berkhasiat antioksidan dan apigenin yang hipotensif, seledri juga mengandung asam lipase untuk mencerna lemak, sejumlah vitamin. Kandungan mineralnya yang cukup tinggi seperti kalsium, magnesium dan fosfor. Setiap 100 gram seledri mengandung 50 gram kalsium. Kandungan kaliumnya yang cukup tinggi menyebabkan pengguna seledri tidak memerlukan penambahan kalsium dari luar akibat efek diuretiknya.
Mengingat osteoporosis merupakan kelainan yang prosesnya terus berlanjut sepanjang hidup, maka pencegahan dan pengobatan perlu dilakukan terus menerus.

Penghentian pengobatan berarti proses penghancuran tulang oleh osteoklas akan berlanjut kembali dan osteoporosis yang sudah dapat diatasi akan datang lagi. (dari berbagai sumber) – (JB Santoso)

 

Read previous post:
CERITA MISTERI – Bau Asap Rokok Mbah Kung

RUMAH Pakdhe Narto (bukan nama sebenarnya) bisa dibilang bersih. Selain penghuninya memang hobi bersih-bersih, di dalam rumahnya ada peraturan dilarang

Close