DITUDUH AMBIL PENUMPANG, KORBAN LAPOR POLISI-Sopir Taksi Online Dikeroyok di Bandara

MERAPI-SAMENTO SIHONO Pihak Bandara Adisucipto Yogyakarta bersama driver taksi online saat melakukan pertemuan.
MERAPI-SAMENTO SIHONO
Pihak Bandara Adisucipto Yogyakarta bersama driver taksi online saat melakukan pertemuan.

DEPOK (MERAPI)-  Keributan antara sopir taksi online dengan taksi konvensional kembali terjadi di lingkungan Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Penyebabnya, pegemudi taksi online dinilai mengambil penumpang di area bandara. Sebanyak 6 orang dilaporkan jadi korban pengeroyokan, Kamis (31/5) malam.
“Driver taksi online memang mengambil penumpang di area parkir bandara. Tapi dari informasi, dia dalam posisi offline,” ujar Dansatpom Lanud Adisucipto Letkol Agus Suhandi kepada wartawan, Jumat (1/6). Kemarin siang, kedubelahpihak dipertemukan oleh PT Angkasapura untuk membahas gesekan ini.
Dijelaskan Agus, peristiwa itu bermula saat driver taksi online bernama Aditiya warga Kotagede Yogya hendak mengambil penumpang di area drop zone Parkir Utara Bandara Adisucipto, Kamis (31/5), pukul 21.00 WIB. Namun saat mengambil penumpang dalam posisi offline.

Saat tengah mengambil penumpang itulah diketahui oleh para pengemudi taksi area Bandara. Akibatnya kericuhan tak terhindarkan. Kericuhan semakin meluas setelah sopir taksi bandara berdatangan.
“Korban mengaku dipukul oleh oknum anggota, namun kita masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi dan kamera CCTV. Kita juga sudah memeriksa semua anggota yang bertugas saat kejadian berlangsung,” katanya.
Atas kejadian ini Agus menegaskan akan menindak secara tegas terhadap anggotanya kalau terbukti melakukan pelanggaran. Kendati demikian, jika kekerasan dilakukan oleh warga sipil ia menyerahkan semua proses hukum terhadap pihak kepolisian.
GM PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengimbau pada seluruh pihak terkait lebih bijak menanggapi masalah itu. Sebelum kejadian korban berusaha menaikkan penumpang di area drop zone Parkir Utara Bandara.

“Ini sudah kesekian kalinya, pengemudi taksi online yang menaikkan penumpang di Bandara. Selama Maret sampai dengan Mei, terdapat 60 taksi online yang menaikkan penumpang di area Bandara,” katanya.
Menurutnya semua berkegiatan usaha di Bandara, ada proses yang harus dilalui sesuai dengan prosedur yang berlaku di Bandara. Untuk itu pihaknya mengimbau kepada seluruh mitra usaha di Bandara untuk turut menjaga kondusivitas.
Kuasa Hukum driver taksi Online yang menjadi korban pemukulan, Purnomo Susanto mengatakan sedikitnya ada enam supir taksi online yang menjadi korban pemukulan. Salah satu korban pemukulan langsung melaporkan ke Polda DIY.
“Salah satu korban yang menjadi korban pemukulan atas nama Aditya sudah melakukan laporan ke Polda DIY terkait adanya pemukulan dan pengeroyokan,” kata dia.

Sedangkan korban lainnya yang juga mengalami pemukulan diduga oleh aparat Polisi Militer Angkatan Udara (POM AU) Lanud Adisutjipto juga melakukan laporan. Laporan ditujukan kepada POM AU Lanud Adisutjipto agar dapat di proses secara militer.
Menurutnya, insiden pemukulan tersebut berawal saat Aditya tengah mengantar salah seorang customer dari Kotagede. Karena barang bawaannya tertinggal di Bandara Adisucipto, diantarlah oleh driver tersebut ke tempat parkir sebelah timur Bandara Adisucipto. Namun di arkiran itulah k0orban ditangkap sejumlah pelaku.
“Korban dipukul mukanya dua sampai tiga kali, kepala dan bagian punggung bawah juga dipukul. Yang mukul itu supir taksi Bandara dengan jumlah banyak,” ujarnya. Karena pengeroyokan itulah korban memberitahu rekan-rekannya sesama driver online, dan datanglah 5 rekan korban yang berusaha memediasi korban dengan para supir taksi Bandara. Saat dilakukan mediasi, salah seorang rekan korban mengambil video mediasi yang belangsung, namun ada beberapa supir taksi Bandara yang melakukan provokasi hingga suasana menjadi ricuh. (Shn)

 

Read previous post:
MERAPI-SAMENT0 SIHONO Warga mengungsi di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan setelah terjadi letusan kemarin.
LETUSAN MERAPI BIKIN KACA RUMAH WARGA BERGETAR-Lontaran Material Bakar Hutan Merapi

UMBULHARJO (MERAPI)- Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (1/6) pukul 08.20 WIB dengan ketinggian kolom letusan 6.000 meter dan durasi

Close