JELANG ARUS MUDIK LEBARAN – Jalan Raya dan Parkir Kapal Ditata

Sebuah kapal tambat di Sungai Juwana. (MERAPI-Alwi Alaydrus)
Sebuah kapal tambat di Sungai Juwana. (MERAPI-Alwi Alaydrus)

PATI (MERAPI) – Menyambut arus mudik Lebaran, sejumlah jalan penghubung antar kecamatan di Kabupaten Pati, dilakukan perbaikan. Hal tersebut sebagai penyiapan menjadi jalur alternatif antisipasi jika kemungkinan terjadinya kemacetan di jalur Pantura Jateng bagian timur. Persiapan menyambut lebaran juga dilakukab Satpolair Polres Pati. Petugas mulau melakukan pengaturan tambat labuh kapal di sepanjang Sungai Juwana.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, pengaturan tambat kapal di sungai Juwana juga anggota TNI AL, Satpol PP, Linmas, Syahbandar, dan Koramil karena hingga Kamis (31/5) sudah tercatat sebanyak 272 kapal yang berlabuh di sungai Juwana. Dari jumlah tetsebut, didapatkan 40 kapal yang bongkar muatan.

Kasatpolair Polres Pati, AKP Daffid Paradhi SH mengungkapkan telah memasang imbauan kerawanan tambat labuh kapal di 19 tempat. Diantaranya berisi berhati-hati supaya tidak terjadi tabrakan antar kapal, dan waspada bahaya kebakaran.

“Pada saat liburan lebaran nanti, diperkirakan akan ada sedikitnya 1.252 kapal yang tambat labuh di kawasan pelabuhan Juwana” kata AKP Daffid Paradhi.

Jalan Penghubung

Sementara itu, menjelang arus mudik lebaran, kini pemkab Pati terus melakukan perbaikan sejumlah jalan penghubung antar kecamatan. Perbaikan dimaksudkan untuk menyiapkan jalan kecamatan menjadi jalur alternatif, jika jalur utama Pantura Jateng timur sampai terjadi kemacetan parah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati, A Faisal mengatakan, kondisi jalan di wilayah Pati siap dilalui arus mudik balik lebaran. “Petugas Bina Marga terus melakukan pengecekan. Kalau didapatkan jalan yang rusak, langsung dilakukan penambalan” ujarnya.

“Ruas jalan yang masih diperbaiki, terdiri Jl Cengkalsewu Sukolilo hingga perbatasan dengan Kabupaten Kudus, Jl Winong–Jakenan, dan Jl Jakenan–Batangan” ucap A Faizal. (Cuk)

 

Read previous post:
Jelang Lebaran Rawan, Polres Sukoharjo Waspadai Peredaran Uang Palsu

SUKOHARJO (MERAPI) - Polres Sukoharjo mewaspadai kerawanan peredaran uang palsu saat puasa Ramadan hingga Lebaran. Sebab momen tersebut rawan disalahgunakan

Close