Sleman Ajukan Tambahan Kuota LPG 3 Kg

Gas melon di Pati. (MERAPI-Alwi Alaydrus)

SLEMAN (MERAPI) – Menjelang lebaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman melakukan antisipasi lonjakan LPG 3 kilogram, dengan mengusulkan tambahan kuota. Koordinasi dengan Pertaminan juga sudah dilakukan untuk mengusulkan penambahan kuota, agar mencukupi permintaan saat lebaran nanti. Sedangkan untuk saat ini kuota di Kabupaten Sleman masih alokasi reguler.

Dalam rapat koordinasi dengan pihak Pertamina bersama Pemkab, kuota elpiji 3 Kg pada 2017 lalu mencapai sekitar 12.313.210 tabung. Sementara untuk 2018 ini diperkirakan naik menjadi sekitar 14.775.852 dengan perhitungan tambahan kuota 20 persen.

“Saat ini kuota tabung LPG 3 kg masih sesuai alokasi reguler. Rencana untuk penambahan kuota fakultatif sebagai langkah antisipatif atas kenaikan permintaan,” kata Kepala Seksi Distribusi dan Pemasaran, Disperindah Sleman, Fitriana, Selasa (29/5).

Mengenai jumlah kuota tambahan yang bakal diusulkan, Fitriana belum dapat menyebutkan secara pasti. Namun dia memastikan pembahasan mengenai penambahan kuota gas melon ini akan segera selesai.

Kepala Disperindag Sleman Endah Tri Yitnani menambahkan penentuan tambahan kuota gas melon baru dapat dipastikan pada pertengahan puasa. Hal ini disebabkan oleh hasil pemantauan di pasaran, jika sampai pertengahan puasa terjadi peningkatan permintaan yang tinggi maka dapat diputuskan untuk menambahkan kuota.

“Sampai saat ini berdasarkan hasil pemantauan di pasaran masih termasuk stabil. Tim kami rutin melakukan pemantauan. Tidak terbatas menjelang lebaran saja. Namun juga pada hari-hari biasa,” jelasnya.

Lanjutnya lagi kenaikkan harga gas melon dari yang semula Rp 21.000 menjadi Rp 22.000. Namun dengan harga tersebut masih dinilai normal. Persediaan gas melon di pasaran juga dinilai masih cukup sehingga sampai saat ini masih belum perlu adanya tambahan kuota fakultatif. (Awh)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pembangunan Gedung Baru DPRD Sukoharjo Segera Mulai

SUKOHARJO (MERAPI) - Penetapan dan pengumuman pemenang lelang pembangunan gedung baru DPRD Sukoharjo direncanakan 31 Mei mendatang. Total ada 79

Close