AKSI PELAKU RESAHKAN WARGA-2 Pencuri Burung Dibekuk Usai Viral di Medsos

MERAPI-SUKRO RIYADI Petugas menujukkan barang bukti yang disita dari tangan tersangka.
MERAPI-SUKRO RIYADI
Petugas menujukkan barang bukti yang disita dari tangan tersangka.

KASIHAN (MERAPI)- Dua maling burung yang selama ini meresahkan warga Ngestiharjo, Kasihan, Bantul berhasil diamankan petugas Polsek Kasihan akhir pekan lalu. Mereka adalah Ro (19) warga Ngestiharjo Kasihan Bantul serta Iw (18) warga Tegalrejo Yogyakarta. Identitas mereka dikenali setelah aksinya viral di media sosial.
Dari tangan kedua tersangka, polisi menyita barang bukti sepeda motor, sangkar dan dua ekor burung. Kanit Reskrim Polsek Kasihan Bantul, Iptu Yan Indah SSos kepada wartawan, Selasa (29/5) mengatakan, kasus tersebut terungkap setelah warga merasa sangat resah dengan ulah pelaku. Sebab selama ini banyak burung milik warga yang dilaporkan hilang. Salah satunya di rumah Hari Adi Wibowo warga Nitipuran, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Saat beraksi di rumah korban pada Kamis (24/5) lalu, aksi mereka terekam kamera CCTv dan diunggah di media sosial.

Unggahan itu kemudian menjadi viral. Polisi lantas intensif melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan saksi dan korban. Setelah mendalami keterangan mereka, polisi akhirnya mendapatkan identitas dua pelaku, yakni Ro dan Iw.
Kebetulan saat itu ada warga yang mengenali salah satu pelaku, berdasarkan postingan di media sosial, yakni Ro. Warga bahkan sempat mendatangi rumah Ro yang diduga sebagai otak pencurian. Untuk menghindari aksi massa, polisi akhirnya mengamankan Ro. Dia pun kemudian mengaku telah mencuri burung bersama Iw.

Tak menunggu lama, polisi segera bergerak menangkap Iw di rumahnya di Tegalrejo, Yogya. Yan Indah mengatakan, dalam kasus tersebut baik Ro dan Iw diduga tidak hanya sekali mencuri burung. “Diduga kedua tersangka juga melakukan hal sama di tempat lain. Namun ada sejumlah korban yang belum melapor,” ujarnya.  (Roy)

 

Read previous post:
MERAPI-SAMENTO SIHONO Warga binaan Lapas Narkotika Pakem saat mengikuti simulasi evakuasi bencana Merapi.
LAPAS NARKOBA PAKEM GELAR SIMULASI BENCANA MERAPI-Siapkan Borgol Renteng untuk Evakuasi Ratusan Napi

PAKEM (MERAPI)-  Sebagai langkah antisipasi timbulnya korban jika terjadi letusan Gunung Merapi, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA DIY melakukan

Close