GAMELAN, REFLEKSI HARMONI KEHIDUPAN JAWA (9) – Suara Rebab Lirih Tetapi Memimpin

Kenong berfungsi menggarisbawahi struktur gendhing, nada-nadanya berhubungan dengan gendhing. Dia bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan. Boleh juga mendahului nada balungan berikutnya untuk menuntun alunan gendhing atau untuk memainkan nada balungan, pendukung rasa pathet.

PADA kenongan bergaya cepat, dalam ayak-ayakan, srepegan, dan sampak, tabuhan kenong menuntun alur lagu gendhing-gendhing tersebut. Kethuk sama dengan kenong, fungsinya juga sama dengan kenong. Kethuk dan kenong selalu bermain jalin-menjalin, perbedaannya pada irama bermainnya saja.

Gender adalah instrumen terdiri dari bilah-bilah metal ditegangkan dengan tali di atas bumbung-bumbung resonator. Gender ini dimainkan dengan tabuh berbentuk bulat (dilingkari lapisan kain) dengan tangkai pendek. Sesuai dengan fungsi lagu, wilayah nada, dan ukurannya. Ada dua macam gender, yakni gender barung dan gender panerus.

Instrumen gamelan lainnya adalah gambang. Dibuat dari bilah–bilah kayu dibingkai pada gerobogan yang juga berfungsi sebagai resonator. Berbilah tujuh-belas sampai dua-puluh bilah, wilayah gambang mencakup dua oktaf atau lebih.
Gambang dimainkan dengan tabuh berbentuk bundar dengan tangkai panjang biasanya dari tanduk/sungu. Kebanyakan gambang memainkan gembyangan (oktaf) dalam gaya pola pola lagu dengan ketukan ajeg.

MERAPI-JB SANTOSO Gambang, bilahnya terbuat dari bambu kering.
MERAPI-JB SANTOSO
Gambang, bilahnya terbuat dari bambu kering.

Gambang juga dapat memainkan beberapa macam ornamentasi lagu dan ritme, seperti permainan dua nada dipisahkan oleh dua bilah, atau permainan dua nada dipisahkan oleh enam bilah, dan pola lagu dengan ritme–ritme sinkopasi.

Rebab merupakan instrumen kawat-gesek dengan dua kawat ditegangkan pada selajur kayu dengan badan berbentuk hati ditutup dengan membran (kulit tipis) dari babad sapi. Sebagai salah satu dari instrumen pemuka, rebab diakui sebagai pemimpin lagu dalam ansambel terutama dalam gaya tabuhan lirih.

Pada kebanyakan gendhing, rebab memainkan lagu pembuka gendhing, menentukan gendhing, laras, dan pathet yang akan dimainkan. Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang jelas jalan alur lagu gendhing. Pada kebanyakan gendhing, rebab juga memberi tuntunan musikal kepada ansambel untuk beralih dari seksi yang satu ke yang lain. (JB Santoso)

 

Read previous post:
Sayuran Bantu Padatkan Tulang

KALAU usia sudah sepuh, siapa pun harus tahu diri. Jangan memaksakan diri bergerak dan bekerja ekstra, apalagi dengan memaksa kerangka

Close