Lidah Buaya Turunkan Kadar Gula Darah

MERAPI-SULISTYANTO Lidah buaya dapat dipadukan bahan alami lain dan menjadi produk herbal berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Lidah buaya dapat dipadukan bahan alami lain dan menjadi produk herbal berkhasiat.

BAHAN alami berkhasiat berasal dari suatu tanaman biasa digunakan secara tunggal maupun saling dipadukan. Ketika sudah dipadukan, hasil akhirnya antara lain bisa berwujud cair, bahan kering dan serbuk.

Seperti telah diungkap Saffanah Nury Qintari, ia sendiri biasa membuat produk herbal wujud cair. Bahan alami yang saling dipadukan antara lain ada seperti rimpang temu kunci, temulawak, sirih, pandan, kenanga, mawar dan gula aren. Setelah siap dikonsumsi dan dijualbelikan lalu dikemas dalam botol plastik bening.

“Karena bersifat alami tanpa tambahan pewarna, pemanis dan pengawet sintetis, minuman herbal ini bisa rutin dikonsumsi, baik sebagai usaha pencegahan maupun mengatasi keluhan kesehatan,” jelas Saffa, belum lama ini.

Manfaat kesehatan dari perpaduan bahan-bahan tersebut, antara lain membantu menyingkirkan/menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu ikut membakar lemak melancarkan pencernaan, meredakan nyeri haid, mengurangi bau badan, menghaluskan kulit, mencerahkan kulit dan mencegah jerawat.Perpaduan bahan-bahan alami itu pun mempunyai warna serta cita rasa khas ketika dikonsumsi.

MERAPI-SULISTYANTO Fakhriyan Septi A.
MERAPI-SULISTYANTO
Fakhriyan Septi A.

Rekan Saffa yang juga mahasiswa UNY, Fakhriyan Septi A juga piawai meramu bahan-bahan alami menjadi produk kesehatan. Hasil akhirnya juga wujud cair dan dikemas dalam botol-botol bening lalu diberi label. Bahan baku yang digunakan lalu dipadukan, antara lain ada lidah buaya, serai dan jahe. Bahan lidah buaya mempunyai manfaat kesehatan, misalnya mencegah/melawan sembelit, wasir dan menurunkan kadar gula darah.

Adapun cara meracik bahan sebagai musuh sembelit dan secara tunggal. Langkahnya, yakni sebagai daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Bagian isinya dipotong kecil-kecil lalu diseduh dengan setengah gelas air masak. Masih ditambah satu sendok makan madu dan dimakan dua kali sehari. Jika untuk membantu melawan ambeien, setengah batang daun lidah buaya dibuang durinya. Lalu dicuci, diparut dan diberi setengah gelas air panas. Selanjutnya diperas dan ditambah dua sendok makan madu. Dalam keadaan hangat, diminum tiga kali sehari.

“Bahan wujud rimpang jahe dan serai juga bagus untuk mendukung kesehatan secara alami,” tegasnya.

Manfaat rimpang jahe untuk kesehatan, antara lain membantu mengembalikan stamina, menghangatkan tubuh, melawan masuk angin serta batuk. Selain itu ikut meredakan rasa mual, sakit perut, kembung dan menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Apalagi jenis jahe merah dan emprit dikenal juga mempunyai kandungan minyak asiri tinggi dan rasa lebih pedas. Khasiatnya lebih kampiun seperti dalam membantu menggempur asam urat, migren, rematik dan untuk melancarkan peredaran darah.

“Serainya juga berkhasit bagi kesehatan. Biasanya dipadu juga dengan bahan-bahan lain. Bahkan serai dan jahe dapat dijadikan minuman,” papar Fakhri (Yan)

 

 

Read previous post:
ilustrasi
Tebang Kayu di Hutan Negara, 4 Bandit Disergap Polisi

WONOSARI (MERAPI)- Petugas Satreskrim Polres Gunungkidul berhasil menangkap empat pelaku pencurian kayu di Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Petak 71 Desa

Close