CERITA MSITERIUS – Akik Berkhasiat dari Gendruwo

HARI itu Tomi (bukan nama sebenarya) pegawai pabrik sablon, pulang kemalaman karena ia diminta lembur oleh bosnya. Dikayuhnya sepeda tua peninggalan orang tuanya dengan pelan. Sepanjang jalan yang dilewatinya terasa gelap, rupanya listrik di daerah itu sedang padam.

Tiba di tikungan, tanpa sengaja Tomi melihat rumah tua yang sudah lama ditinggalkan penghuninya. Seperti ada yang menyuruh, Tomi menghentikan sepedanya. Sepertinya ada kekuatan gaib untuk mendekati rumah itu.

Tiba-tiba sesosok bayangan berkelebat keluar pagar rumah kosong tersebut. Tomi berusaha membalikkan sepeda untuk putar balik.
Tiba-tiba dia dipanggil, “Mas…!”. Ternyata suara seorang pria paruh baya berpakaian hitam dengan sarung membelit lehernya.
Bayangan tersebut mendekati Tomi sambil mengarahkan lampu senter. Tomi sedikit lega. “Ada apa, Pak?” Tomi balik bertanya. Laki-laki itu tersenyum, “Saya Basori (nama samaran), penjaga rumah tua ini. Kalau boleh, saya ingin numpang sampai pohon beringin di pojok desa. Saya tadi lupa membawa bekal.”

“Boleh..boleh” Tomi langsung mengiyakan karena merasa senang ada yang menemani. Kemudian Basori membonceng di sepeda Tomi. “Busyet. Berat banget ini orang,” kata Tomi dalam hati sambil tetap mengayuh sepedanya.

Tak lama kemudian, “Stop di sini saja Mas,” Basori berkata sambil menepuk bahu Tomi. Ia menghentikan sepeda. “Rumah saya ada di balik gerumbul pohon itu,” Basori menunjuk ke arah pepohonan di balik tikungan jalan. Basori kemudian memasukkan senternya ke dalam saku jaket Tomi. “Senternya buat Mas saja. Siapa tahu diperlukan” katanya sambil berlalu.

Ditatapnya laki-laki itu melangkah melewati gerumbulan pohon. Gandrik! Wajah pria paruh baya itu tiba-tiba berubah menjadi makhluk tinggi besar penuh bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. Tomi segera mengayuh sepedanya menjauh secepat mungkin.

Sesampai di rumah, dengan nafas masih ngos-ngosan, Tomi merogoh saku jaketnya dan dikeluarkannya senter milik genderuwo yang mengaku bernama Basori itu. Ternyata… Senter itu telah berubah menjadi sebuah cincin akik. Tomi sebetulnya merasa takut. Tapi ia berpikir, tentu cincin akik ini bukan sembarangan karena milik genderuwo. Pasti mempunyai khasiat.

Keesokan hari, dipakainya cincin tersebut. Tumpukan kain berat yang biasanya amat berat bisa diangkat dengan satu tangan. Pekerjaan yang biasanya selesai dalam beberapa jam, kini jauh lebih singkat. “Cincin ini benar-benar berkhasiat”, batin Tomi. (Aribowo/Jbo)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KEUNIKAN MAKAM WONGSOPATI – Dibalut Kerlipan Pasir

MENURUT pengakuan orang-orang yang mencoba berniat di Dusun Klero, mereka merasa seperti melihat kelir atau tabir yang menutupi jalan menuju

Close