Manggar Cegah Penyakit Kuning

MERAPI-SULISTYANTO Manggar dapat diolah menjadi gudeg serta bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Manggar dapat diolah menjadi gudeg serta bermanfaat bagi kesehatan.

POHON kelapa dikenal sebagai tanaman multi manfaat. Beberapa bagian dari tanaman ini seperti air kelapa, akar dan bunga yang masih muda (manggar) diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Manggar tanaman kelapa pun bisa dijadikan bahan baku gudeg dan mendukung kesehatan.

“Selain gudeg terbuat dari manggar, gudeg dari nangka muda dan pendukung lain seperti telur serta daun singkong rebus juga mempunyai manfaat kesehatan,” ungkap pengelola gudeg Bu Yayuk di kawasan Jalan Wates, Indriana, belum lama ini.

Gudeg manggar antara lain memiliki kandungan vitamin A, B1, dan C. Tak ketinggalan beberapa gizi lain, misalnya protein, lemak dan karbohidrat. Ada lagi pada bagian bunga dan akarnya dapat di godog atau direbus , lalu cocok dijadikan sebagai ramuan alami penyakit kuning ataupun liver. Bahkan manggar juga dapat diproses menjadi minuman legen yang juga diyakini berkhasiat. Manfaat kesehatan legen, misalnya membantu kesehatan fungsi ginjal. Bisa juga sebagai penetral racun atau mampu melarutkan racun dalam perut, namun bersifat sementara. Air legen berfungsi sebagai antidotum atau penawar zat-zat tertentu.

Adapun daun singkong, seratnya juga bagus untuk kesehatan. Cocok juga rutin dikonsumsi yang sedang menjalankan program diet, sebab daun singkong sangat rendah akan kalori. Dengan begitu mengkonsumsi daun singkong akan memberikan efek rasa kenyang. Bagi yang susah sekali BAB, daun singkong mampu mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Selain itu daun singkong juga dapat digunakan sebagai musuh reumatik, sakit kepala, luka bernanah, flu, mengatasi cacingan serta meningkatkan stamina tubuh.

“Cara mengolah daun singkong cukup mudah seperti direbus atau kukus saja. Setelah itu dapat dijodohkan masakan lain seperti gudeg dan lainnya,” ungkap Ana.

Selain dijadikan sebagai penganan sehat, daun singkong juga bermanfaat sebagai obat herbal yang dapat langsung diminum airnya. Caranya sangat mudah, cukup merebus daun dengan satu hingga dua gelas air putih dan bisa dicampur dengan jahe atau air kapur sirih. Air sisa rebusan pun diminum dan memiliki manfaat yang sangat luar biasa pada tubuh. (Yan)

 

Read previous post:
Temu Kunci Atasi Panas Dalam

BAHAN berkhasiat berasal dari tanaman sudah banyak yang memanfaatkannya. Baik secara sederhana maupun diproses menjadi produk herbal diyakini dapat membantu

Close