Temu Kunci Atasi Panas Dalam

MERAPI-SULISTYANTO  Tanaman temu kunci, bagian rimpangnya berkhasiat dan bisa dikombinasi bahan alami lain.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman temu kunci, bagian rimpangnya berkhasiat dan bisa dikombinasi bahan alami lain.

BAHAN berkhasiat berasal dari tanaman sudah banyak yang memanfaatkannya. Baik secara sederhana maupun diproses menjadi produk herbal diyakini dapat membantu mewujudkan sehat, tanpa perlu obat-obat kimia.

Jenis buah delima serta rimpang temu kunci termasuk di antaranya, sebab mampu membantu mencegah maupun melawan gangguan kesehatan. Seperti diungkap Wardani di Merapi edisi kemarin, buah delima mampu mendukung kesehatan, misalnya cukup rutin mengkonsumsi langsung ataupun dibuat jus.

“Delima dikenal juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga termasuk jenis bahan alami yang bisa ikut mendukung kesehatan badan,” tegasnya, baru-baru ini.

Selain vitamin C, ada juga kandungan vitamin A, E, asam folat, serat dan kalium. Semua bermanfaat bagi kesehatan, bahkan ada juga kandungan anti oksidan dan anti inflamasi. Ketika dikonsumsi dalam wujud jus, dipercaya mempunyai  anti oksidan lebih besar daripada anggur merah dan teh hijau. Dengan adanya anti oksidan akan mendukung kekebalan tubuh dari gangguan kesehatan.

Sementara itu menurut mahasiswa UNY, Saffanah Nury Qintari, bahan alami seperti rimpang temu kunci, temulawak, sirih, pandan, kenanga, mawar dan gula aren juga bagus untuk membantu mewujudkan sehat. Bahkan bahan-bahan ini dapat dipadukan menjadi herbal cair lalu dikemas dalam botol. Ketika ingin meminum tinggal menuang dalam gelas.

“Cara penyimpanannya bisa di kulkas agar bisa lebih awet,” papar Saffanah saat ditemui di suatu pameran makanan dan minuman tradisional kompleks kampus UNY.

MERAPI-SULISTYANTO  Saffanah NQ.
MERAPI-SULISTYANTO
Saffanah NQ.

Seumpama dirinci satu per satu, bahan wujud temu kunci antara lain membantu mengatasi panas dalam serta memperlancar air susu ibu.  Bahkan, rimpang ini  mempunyai kandungan minyak atsiri cukup tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak, pembersih tenggorokan, menghilangkan lendir yang menyumbat hidung, menghangatkan badan dan membantu mengeluarkan gas dari perut.

Sedangkan rimpang temulawak antara lain membantu menambah nafsu makan, menjaga kesehatan saluran pencernaan, sebagai anti radang, anti sariawan dan musuh maag. Cara penggunaannya selain secara tunggal, dapat juga dipadu bahan-bahan berkhasiat lain misalnya menjadi wujud jamu tradisional maupun beberapa jenis produk herbal lain. Lalu  daun sirih diyakini dapat  membantu terapi penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes militus, keputihan, peradangan organ tubuh serta meredam bau badan.

Lain halnya jika bahan-bahan alami tersebut sudah dipadukan, lanjut Saffa, bisa mempunyai manfaat kesehatan seperti melancarkan pencernaan, meredakan nyeri haid, mengurangi badan, menghaluskan kulit, mencerahkan kulit dan mencegah jerawat. Bahkan ikut membantu membakar lemak dan menurunkan kolesterol jahat.

“Selain perpaduan bahan-bahan alami berkhasiat, saya juga menambahkan garam dan gula aren secukupnya. Tambahan bahan ini pun bisa memberi cita rasa tersendiri,” jelasnya. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Dishub Kendalikan Parkir Tepi Jalan

BANTUL (MERPAI) - Selama arus mudik dan balik Lebaran 2018, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul akan mengendalikan penyelenggaraan parkir kendaraan tepi

Close