Butuh 1.353 Orang Menjadi PTPS Pilgub Jawa Tengah 2018

SUKOHARJO (MERAPI) – Dibutuhkan sebanyak 1.353 orang bertugas sebagai Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pilgub Jawa Tengah 2018. Pengumuman lowongan sudah dilakukan Panwaskab Sukoharjo ke masyarakat. Pendaftaran dimulai 21 – 25 Mei dan penerimaan berkas 21 – 27 Mei.

Anggota Panwaskab Sukoharjo Eko Budiyanto, Kamis (24/5) mengatakan, PTPS dibutuhkan untuk membantu bertugas mengawasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kebutuhan PTPS sesuai dengan jumlah TPS Pilgub Jawa Tengah 2018 yang tersebar di 12 kecamatan.

Pengisian PTPS sekarang sedang dilaksanakan Panwaskab Sukoharjo. Pengumuman lowongan telah disampaikan ke masyarakat sejak beberapa hari lalu. Salah satu bentuknya yakni dengan menempel informasi rekrutmen disemua balai desa dan kelurahan sejak beberapa hari lalu. Penyampaian secara lisan juga sudah dilakukan dengan sosialisasi langsung ke masyarakat.

Sesuai jadwal dari Panwaskab Sukoharjo diketahui jadwal pendaftaran dimulai 21 -25 Mei. Selanjutnya setelah mendaftar para calon PTPS wajib mengumpulkan berkas pendaftaran mulai 21 – 27 Mei. Apabila sampai batas waktu berakhir belum ada pendaftar atau sudah ada pendaftar namun belum memenuhi kebutuhan maka jadwalnya ditambah hingga 30 Mei.

Tahapan setelah pendaftaran berakhir maka selanjutnya dilakukan pemeriksaan berkas dan seleksi. Pada proses ini Panwaskab Sukoharjo memberikan kewenangan penuh pada Panwascam.

“Beberapa syarat mendaftar sebagai PTPS cukup mudah yakni berusia minimal 25 tahun, memiliki ijazah minimal SMA, melampirkan surat keterangan sehat dari puskesmas, foto diri ukuran 4 x 6 sebanyak tiga lembar,” ujar Eko Budiyanto.

Dalam syarat pendaftaran sebagai PTPS Panwaskab Sukoharjo menekankan pada calon telah memiliki pengalaman menjadi penyelenggara pemilu. Hal tersebut sangat penting sebagai modal untuk bekerja sebagai pengawas TPS Pilgub Jawa Tengah 2018.

Ketua Panwaskab Sukoharjo Bambang Muryanto mengatakan, proses rekrutmen PTPS diharapkan bisa selesai tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sebab waktu pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah 2018 sudah semakin dekat Juni mendatang.

PTPS nanti hanya bertugas selama satu bulan penuh setelah mengikuti semua proses pendaftaran sampai pelantikan. Mereka juga akan difokuskan pada satu bidang kerja saja yakni pada hari pelaksanaan pencoblosan Pilgub Jawa Tengah 2018.

“Jadwal pelantikan PTPS direncanakan 3 Juni mendatang dan semoga tahapan rekrutmen dapat berjalan lancar,” ujarnya. (Mam)

Read previous post:
Pemkot Yogya Alokasikan Rp 24 Miliar untuk THR

UMBULHARJO (MERAPI) - Peraturan Pemerintah terkait Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah ditandatangani Presiden

Close