MAKANAN KHAS JAWA BARAT – Cuanki Mampu Hangatkan Badan

MERAPI-SULISTYANTO Seporsi cuanki.
MERAPI-SULISTYANTO
Seporsi cuanki.

ANEKA makanan khas Jawa Barat dapat ditemukan di berbagai daerah, satu di antaranya bakso cuanki atau biasa cukup disebut cuangki. Dalam satu porsi makanan ini antara lain ada pentol bakso, siomay tahu dan kuah kaldu berbumbu rempah-rempah.
“Selain cuanki kuah ada juga yang goreng. Sama halnya dengan siomay, ada yang goring ada juga kuah,” jelas kru penjual cuangki dan siomay Aisha, Arwanti H kepada Merapi.

Jenis sayuran yang ditambahkan antara lain ada irisan wortel, kentang, sawi dan daun bawang. Bakso dapat dibuat dari bahan daging ikan, daging ayam maupun sapi. Cara membuat pentol bakso secara garis besar, yakni dengan menggiling halus daging lalu dicampur dengan telur dan bumbu halus. Selanjutnya diuleni sampai tercampur rata dan diberi air es.

Masih diuleni lagi sampai rata dan terakhir masukkan tepung tapioka/kanji, diuleni sampai agak lama, boleh juga dimasukkan ke dalam kulkas kurang lebih setengah jam sebelum dibentuk pentol bakso.

Selanjutnya menyiapkan air dalam panci dan didihkan terus matikan api. Bentuk bakso dengan meletakkan adonan dasar bakso cuanki di tangan kanan/kiri, lalu ditekan diantara jari telunjuk dan jempol, adonan akan keluar bulat-bulat. Cara ini dilakukan beberapa kali sampai adonan dirasa bulat, lalu disendok dengan sendok kecil bulat, dimasukkan ke dalam air mendidih dan dilakukan sampai adonan habis.

Setelah itu bakso cuanki direbus dengan api sedang sampai bakso, jika mengapung pertanda sduah matang.
“Cuanki cocok disantap kapan saja, mulai dari anak-anak sampai dewasa,” tegasnya. (Yan)

 

Read previous post:
PEMKAB GUNUNGKIDUL – Tahun 2019 Terapkan Tunjangan Kinerja ASN

WONOSARI (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan menerapkan tunjangan kinerja sesuai dengan tingkat kedisiplinan dan kinerja yang dilakukan para Aparatur

Close