Pembalap Liar Bakal Ditindak Tegas

Puluhan motor hasil sitaan Operasi Patuh Progo 2018 berada di Mapolres Kulonprogo. (MERAPI-AMIN KUNTARI)
Puluhan motor hasil sitaan Operasi Patuh Progo 2018 berada di Mapolres Kulonprogo. (MERAPI-AMIN KUNTARI)

WATES (MERAPI) – Petugas Satlantas Polres Kulonprogo siap memburu para pelaku balap liar di wilayah setempat. Biasanya, para pelaku balap liar didominasi kaum remaja dan marak dijumpai selama Ramadan.

Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto menegaskan, pihaknya telah mengambil langkah antisipasi kegiatan balap liar dengan menyiapkan sejumlah strategi sejak sebelum Ramadan. Kegiatan ini dilarang lantaran berbahaya bagi pelaku balapan maupun pengguna jalan lain.

“Bahkan tidak sedikit masyarakat setempat yang terganggu dengan aktivitas balap liar,” tegasnya, Selasa (22/5).

Kegiatan balap liar ini, menurut AKP Maryanto, melanggar peraturan lalu-lintas terkait penggunaan kendaraan dan jalan raya yang tidak sesuai peruntukan. Terlebih, mayoritas pelaku balap liar tidak memiliki SIM sebagai kelengkapan wajib pengendara bermotor. “Kegiatan seperti itu, tidak ada maaf. Kami tetap akan menindak tegas,” ujar AKP Maryanto.

Ia menjabarkan, sejumlah lokasi yang dinilai rawan kegiatan balap liar yakni di Jalan Daendels, Jalan Margosari dan jalan depan Stadion Cangkring. Sebab di lokasi tersebut, treknya lurus dan panjang dengan kondisi jalan halus juga sepi.

Berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, waktu rawan kegiatan balap liar yakni setelah Salat Tarawih dan setelah sahur. Petugas Satlantas Polres Kulonprogo kemudian mengintensifkan razia serta patroli keliling di lokasi rawan. “Kalau kedapatan, motor berikut orangnya langsung kami bawa ke kantor,” tegasnya. (Unt)

Read previous post:
Gunung Merapi Waspada, Sultan Minta Masyarakat Tetap Tenang

DANUREJAN (MERAPI) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta masyarakat di daerah setempat tetap tenang meski

Close