POLRES AWASI STOK SEMBAKO – Pengusaha Lakukan Penimbunan Diproses Hukum

WONOSARI (MERAPI) – Di tengah harga-harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan pada bulan Ramadan, Polres Gunungkidul menggelar operasi pengawasan sembako yang digelar sejak awal ramadan. Operasi ini digelar untuk mencegah adanya pengusaha sembako nakal yang dimungkinkan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara-cara kotor, yakni menaikkan harga secara tidak wajar dan melakukan penimbunan barang.

“Jika kita temukan di lapangan akan kami proses hukum,” kata Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Riko Sanjaya, Minggu (20/5).

Kegiatan pengawasan dilakukan sejak awal bulan puasa ini dengan prioritas pengawasan untuk barang kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga menjelang hari raya Idul Fitri. Pada bulan Ramadan, biasanya kebutuhan masyarakat semakin meningkat dan diikuti dengan kenaikan harga secara masif.

“Penimbunan barang merupakan kegiatan ilegal yang bisa diproses secara pidana karena ini bisa berdampak pada lonjakan harga sehingga merugikan masyarakat banyak,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu tim telah mendatangi sejumlah gudang-penyimpanan bahan pokok dan untuk sementara, tidak ditemukan adanya praktik-praktik penimbunan barang. Hal ini skan terus dipantau, hingga menjelanh Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Data nama pengusaha kita sudah ada semua dan tinggal melakukan pengawasan dan pemantauan,” katanya.

Sementara Satgas Pangan Kabupaten Gunungkidul dalam waktu dekat ini juga akan memberikan peringatan resmi kepada pelaku usaha agar tidak sembarangan dalam mencari keuntungan.
Para pelaku usaha akan diundang untuk duduk bersama Direktorat Kriminal Khusus Polda DIY untuk diberikan sosialisasi. Yang krusial dari pertemuan ini adalah pembentukan komitmen bersama diantara para pelaku usaha, pemerintah maupun kepolisian untuk bisa menjaga stabilitas harga pangan sejak awal puasa hingga Hari Raya Lebaran.

Sedangkan untuk saat ini baru sebatas persuasif dan bersifat preventif.”Pengawasan itu penting kita lakukan untuk menjaga stabilitas harga pangan,” pungkasnya. (Pur)

Read previous post:
Pedagang Pasar Ramadan Didata

SLEMAN (MERAPI) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman melakukan pendataan terhadap pedagang di pasar Ramadan. Pendataan dilakukan agar

Close