CEGAH KECELAKAAN – Dishub Gelar Operasi Kendaraan

MERAPI-SAMENTO SIHONO Petugas melakukan pemeriksaan kendaraan roda empat.
MERAPI-SAMENTO SIHONO
Petugas melakukan pemeriksaan kendaraan roda empat.

SLEMAN (MERAPI) – Dinas Perhubungan Pemprov DIY, Polisi dan TNI menggelar operasi kendaraan roda empat. Dalam operasi ini menyasar angkutan orang dan barang yang dilakukan di lapangan Denggung, Tridadi, Sleman, Senin (14/5) siang.

Dalam operasi itu, belasan kendaraan karena melanggar uji kir dan dimensi, tidak dilengkapi surat, akhirnya terjaring. Petugas lantas memberikan surat tilang terhadap kendaraan yang melanggar.

Kepala Seksi Bindang Pengendalian Angkutam Jalan Pemprov DIY Santosa mengatakan, razia gabungan ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sasarannya adalah kendaraan dengan tonase berlebih dan juga dimensi muatan.

“Untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas kita gelar operasi ini, karena kendaraan dengan tonase berlebih dan juda dimensi muatan akan sulit dikendalikan saat berada di jalan,” beber Santosa.

Menurut Santosa selama ini banyak angka kecelakaan yang tejadi terutama pada angkutan orang dan angkutan barang. Sehingga, sasaran yang utama razia ini mengenai kelayaan jalan angkutan.

“Kita periksa untuk bus, khususnya administrasi pada pengemudi banyak SIM pengemudi yang tidak sesuai dengan fungsinya. Untuk kendaraan muatan kita tonase dan volumenya, termasuk kir kendaraan,” jelasnya.

Dari hasil dari operasi, petugas menemukan puluhan pelanggaran di antaranya ditemukan bus izin trayeknya sudah habis masa berlakunya. Untuk angkutan barang berkaitan dengan dimensi kendaraan serta kaitan dengan buku uji, habis masa berlakunya. (Shn)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Sambut Bulan Ramadan, Warga Plosokuning Gelar Pawai Gerobak Sapi

NGAGLIK (MERAPI) - Menyambut datangnya bulan Ramadhan, warga Dusun Plosokuning, Desa Minomartani, Ngaglik menggelar pawai grobak sapi. Pawai gerobak sapi

Close