Ramadan, Jumlah Pengunjung Tawangmangu Diprediksi Turun Drastis

TWA Grojogan Sewu, Tawangmangu. (MERAPI-Abdul Alim)
TWA Grojogan Sewu, Tawangmangu. (MERAPI-Abdul Alim)

KARANGANYAR (MERAPI) – Pelaku usaha di Taman Wisata Alam (TWA) Grojogan Sewu, Tawangmangu memprediksi penurunan jumlah pengunjung hingga 90 persen selama Ramadan. Selama masa paceklik, mereka memilih alternatif pemasukan dan kegiatan produktif lainnya.

“Seperti tahun-tahun yang lalu, kalau Ramadan itu enggak banyak yang main ke Grojogan Sewu. Anjlok kunjungan sampai 90 persen,” kata Dirut PT Duta Indonesia Jaya selaku pengelola TWA Grojogan Sewu, Sukirdi, Senin (14/5).

Grafik jumlah pengunjung mencapai titik puncak pada satu hari jelang Ramadan, yakni tradisi padusan sambut bulan suci. Kemudian stabil turun ke titik terendah selama ramadan dan langsung naik tajam di sepekan setelah lebaran. Sukirdi mengatakan momentum puncak sampai 10 ribu pengunjung per hari. Meski bakal mengalami masa paceklik, namun pengelola tidak lantas menurunkan harga tiket. Pengunjung lokal tetap, yakni Rp 10 ribu per orang. Sedangkan momentum puncak libur panjang Rp 17.500 per orang.

“Jumlah pengunjung ramadan itu paling hanya 10 orang per hari. Jadi karena karyawan sini enggak sibuk, diperbantukan maintenance. Perbaikan sarana prasarana, penataan jalur evakuasi dan pemasangan pagar pengaman,” katanya.

Sepi pengunjung dipastikan berdampak pada geliat UKM di TWA itu. Puluhan pengusaha warung makan dan suvenir memilih tutup.

“Biasanya buka tiap hari. Tapi kalau bulan puasa, buka di akhir pekan saja,” kata Tuminah, pedagang kuliner satai kelinci di Grojogan Sewu.

Warga Tawangmangu ini memilih berdagang di Pasar Tawangmangu atau menjajakannya berkeliling kampung.

Sementara itu, pengelola Sendang Plesungan, Gondangrejo, Waluyo berharap kunjungan ke waterboom milik BUMDes tersebut tetap stabil.

“Kebanyakan pengunjung kami anak-anak dan keluarga. Jadi, puasa mungkin tetap ramai. Di padusan nanti juga siap menampung kunjungan yang biasanya membeludak,” kata Waluyo. (Lim)

Read previous post:
Puluhan Pedagang Oprokan Pasar Ir Soekarno dan Kartasura Segera Ditertibkan

SUKOHARJO (MERAPI) - Puluhan pedagang oprokan di Pasar Ir Soekarno, Sukoharjo Kota dan Pasar Kartasura masuk dalam program penertiban karena

Close