Umat Islam Karanganyar Kampanyekan Kerukunan Antarumat Beragama

Pawai Taaruf sambut Ramadan di Jalan Lawu. (MERAPI-Abdul Alim)
Pawai Taaruf sambut Ramadan di Jalan Lawu. (MERAPI-Abdul Alim)

 

KARANGANYAR (MERAPI) – Sebanyak 12 ribu umat Islam dari berbagai organisasi dan pelajar mengikuti pawai taaruf sambut Ramadan 1439 H di penggal Jalan Raya Lawu, Minggu (13/5). Mereka mengajak masyarakat memperbanyak ibadah di bulan suci dan mengampanyekan rasa toleransi antarumat beragama.

Belasan ribu partisipan pawai merupakan perwakilan dari pelajar tingkat TK, SD, SMP SMA sederajat dan ormas Islam serta lembaga pemerintah dan swasta. Pawai taaruf terbagi menjadi dua titik pemberangkatan. Untuk kelompok Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), Bustanul Athfal (BA) Negeri maupun Swasta, dilepas petugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, di halaman Gedung Wanita. Pada titik pemberangkatan lain, di Alun-alun, pejabat Pemkab memberangkatkan peserta dari kelompok SD, SMP, SMA negeri dan swasta, Ormas, Perguruan Tinggi, dan Kantor. Mereka berjalan kaki melewati Jalan Lawu menuju ke timur sampai tenda kehormatan di

“Jumlah peserta tahun ini jauh lebih banyak dari tahun kemarin sekitar 10 ribu orang. Sebab, ormas Islam dari NU dan Muhammadiyah ikut pawai. Apresiasi buat MUI yang mengampanyekan toleransi antarumat beragama, sehingga mengajak elemen lebih banyak untuk pawai taaruf,” kata Panitia Pawai Taaruf sekaligus Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karanganyar, Abdul Muid kepada wartawan.

Menurutnya, rasa toleransi sangat dibutuhkan dalam menyelenggarakan peribadatan. Di bulan suci, peran aktif masyarakat diandalkan menjaga kondusivitas.

Selain membawa poster dan tulisan bertema ramadan, sejumlah kelompok menampilkan kreativitas dengan membuat busana menyerupai kostum batik carnival. Ada juga kelompok drum band didampingi guru pembimbing.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Mustain Ahmad mengatakan pawai tahunan menyambut Ramadan ini bertujuan untuk menghadirkan suasana ibadah khusyuk sebulan penuh.

“Harapannya, warga di Kabupaten Karanganyar menyambut Ramadan dalam suasana kegembiraan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antarmuslim satu dengan lainnya dan antarmuslim dengan pemeluk agama lain,” ucap Mustain. (Lim)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Gaung Kurang Greget, KPU Sukoharjo Berat Penuhi Target Partisipasi Pilgub

SUKOHARJO (MERAPI) - Persiapan pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah 2018 dianggap kurang greget. Gaung pemilu dianggap kurang dan dikhawatirkan berdampak pada

Close