Pemilu 2019, DPC Partai Demokrat Sukoharjo Siapkan Kekuatan

Pelantikan dan apel bersama pengurus PAC oleh DPC Partai Demokrat Sukoharjo sebagai persiapan Pemilu 2019. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)
Pelantikan dan apel bersama pengurus PAC oleh DPC Partai Demokrat Sukoharjo sebagai persiapan Pemilu 2019. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – DPC Partai Demokrat Sukoharjo siapkan kekuatan hadapi Pemilu 2019. Kekuatan tersebut diukur dari sekarang dengan telah terbentuknya pengurus anak cabang (PAC) di 12 kecamatan dan anak ranting di 148 dari total 167 desa dan kelurahan. Target tahun depan bisa masuk empat besar dengan perolehan enam kursi pada Pileg 2019.

Ketua DPC Partai Demokrat Sukoharjo Sugeng Purwoko, Sabtu (12/5) mengatakan, sudah mengukur kekuatan partai sampai ditingkat ranting. Hasilnya kekuatan sekarang baru terkumpul 92 persen. Untuk memperoleh kekuatan 100 persen dibutuhkan perjuangan keras salah satunya dengan melengkapi kepengurasan ranting disemua desa dan kelurahan.

DPC Partai Demokrat Sukoharjo sekarang sudah berhasil membentuk kepengurusan PAC di 12 kecamatan. Pekerjaan rumah masih harus diselesaikan kepengurusan DPC dengan segera merampungkan pembentukan ranting.

Kendala dihadapi khususnya di wilayah daerah pemilihan (dapil) IV di Kecamatan Grogol dan dapil V di Kecamatan Mojolaban dan Polokarto. Didua dapil tersebut DPC Partai Demokrat Sukoharjo belum membentuk kepengurusan ranting disejumlah desa karena terkendala struktur organisasi. Sebab untuk pembentukan pengurus ranting minimal harus ada orang yang mengisi jabatan sebagai ketua, sekretaris, bendahara, seksi humas dan seksi perlengkapan.

Meski berat namun target pembentukan pengurus ranting akan segera diselesaikan sebelum akhir tahun 2018. Hal itu penting mengingat tahun depan DPC Partai Demokrat harus fokus dalam menghadapi pemilu.

“Untuk PAC sudah selesai 100 persen. Sedangkan ranting belum karena terkendala waktu dan banyak kader siap tapi tidak mau masuk dalam struktur kepengurusan. Kami harap masalah itu segera selesai karena sekarang kami sudah mengukur kekuatan untuk menghadapi Pemilun 2019,” ujar Sugeng Purwoko.

Persiapan menghadapi Pemilu 2019 juga dilakukan dengan penjaringan calon anggota legislatif (caleg). Beberapa nama dipastikan sudah masuk dalam daftar resmi DPC Partai Demokrat.

“Soal caleg kami masih melakukan penataan. Banyak kader siap namun belum kami munculkan sekarang menunggu seluruh kesiapan selesai,” lanjutnya.

Pada Pemilu 2019 mendatang DPC Partai Demokrat membidik target bisa masuk empat besar dengan perolehan enam kursi. Hasil tersebut nantinta bisa membuat Partai Demokrat menjadi satu fraksi sendiri tanpa menggabung dengan partai lain di DPRD Sukoharjo.

“Salah satu bagian dari persiapan kami menghadapi Pemilu 2019 yakni dengan bersiap dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 Juni mendatang. Sesuai petunjuk pusat maka kami wajib memenangkan pasangan calon Ganjar – Yasin,” lanjutnya.

Khusus untuk Pilgub Jawa Tengah 2018 DPC Partai Demokrat Sukoharjo tidak melakukan persiapan khusus. Meski begitu Sugeng menjamin partai yang dipimpinnya akan memberikan kekuatan penuh dalam memenangkan calon yang diusung. (Mam)

Read previous post:
Bidara Upas Musuh Disentri

UMBI tanaman bidara upas sering dijual di kios-kios penyedia bahan jamu. Manfaat kesehatannya, baik digunakan secara tunggal maupun dipadu bahan

Close