Situasi Kondusif, Investasi di Sleman Meningkat

GAMPING (MERAPI) – Perkembangan investasi di Kabupaten Sleman setiap tahun mengalami kenaikan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah unit usaha Penanaman Modal Asing (PMA) Kabupaten Sleman pada tahun 2017 mencapai 70 unit usaha meningkat sebesar 6,06 persen dari tahun 2016. Sedangkan jumlah unit usaha Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada tahun 2017 mencapai 77 unit meningkat 28,33 persen dari tahun 2016.

Berkenaan dengan hal tersebut, Bupati Sleman Sri Purnomo melalui Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengungkapkan, Pemerintah kabupaten Sleman senantiasa mendukung investasi pengembangan usaha. “Berbagai program kebijakan yang dikembangkan adalah untuk menciptakan iklim usaha yang terbuka, kondusif dan aman,” katanya dalam acara diskusi Forum Komunikasi Investasi bertempat di The Westlake Resort, Rabu (9/5).

Dijelaskan, Kabupaten Sleman menyimpan beragam potensi yang masih belum banyak digali dan dikembangkan. Oleh karena itu, Sleman sangat terbuka dan berpotensi bagi pengembangan usaha-usaha kreatif.

“Dalam mengembangkan usaha di Sleman, saya berharap agar investor senantiasa bisa memegang komitmen untuk memanfaatkan tenaga kerja lokal. Pemberdayaan masyarakat ini mampu mendukung terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera,” ujar Sri Purnomo.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Sutadi Gunarto mengatakan, investasi mempunyai peranan yang sangat strategis untuk meningkatkan perekonomian daerah. Melalui kegiatan investasi, akan dihasilkan produk barang dan jasa, tersedianya lapangan kerja dan nilai tambah ekonomis bagi daerah sekaligus meningkatkan income perkapita masyarakat.

“Sehingga dalam pengembangannya perlu ada kesepahaman antara instansi terkait maupun dengan pemerintah, pelaku usaha, baik penanaman modal asing maupun dalam negeri,” ujarnya.

Gunarto juga menghimbau agar para investor memperhatikan kewajiban yang harus dilakukan yaitu menyampaikan pelaporan kegiatan penanaman modal sesuai dengan Perka BKPM RI Nomor 13 tahun 2017.    (Awn)

 

Read previous post:
PAMERAN KRIYA UNDAGI #2-Simbol Perenungan Mendalam

GONDOMANAN (MERAPI) - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membuka pameran besar seni kriya Undagi #2 di Taman Budaya

Close