Kotak dan Bilik Siap, KPU Sukoharjo Penuhi Kebutuhan Logistik Pilgub

Kotak dan bilik suara Pilgub Jawa Tengah 2018 sudah disiapkan KPU Sukoharjo. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)
Kotak dan bilik suara Pilgub Jawa Tengah 2018 sudah disiapkan KPU Sukoharjo. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Kebutuhan logistik khususnya kotak dan bilik suara untuk Pilgub Jawa Tengah 2018 sudah terpenuhi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo. Semua kebutuhan tersebut sudah berada di kantor KPU Sukoharjo selah dilakukan pemindahan barang dari gudang penyimpanan di wilayah Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo Kota.

Komisioner KPU Sukoharjo Nuril Huda, Rabu (9/5) mengatakan, penyiapan logistik khususnya kotak dan bilik suara Pilgub Jawa Tengah 2018 sudah dilaksanakan mulai sejak 2 – 10 Mei. Petugas melakukan pemindahan barang dari gudang penyimpanan dengan menggunakan satu unit truk. Proses pemindahan diharapkan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Terpenuhinya kebutuhan logistik khususnya kotak dan bilik suara Pilgub Jawa Tengah 2018 membuat KPU Sukoharjo lega. Sebab pelaksanaan pemilu sudah semakin dekat Juni mendatang.

Kotak dan bilik suara yang sudah ada di kantor KPU Sukoharjo selanjutnya akan dilakukan pengecekan kondisi sekaligus pemilahan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kelayakan barang sebelum dipakai dalam pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah 2018.

Apabila ada logistik Pilgub Jawa Tengah 2018 yang rusak maka akan dipisah dan tidak akan dipakai. Sebaliknya kotak dan bilik suara yang layak tetap digunakan. Proses tersebut diharapkan bisa segera terselesaikan dalam waktu secepatnya.

“Kotak suara yang disiapkan sebanyak 1.353 buah sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS). Sedangkan kotak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ada 36 buah rinciannya 3 kotak dikalikan 12 kecamatan,” ujar Nuril Huda.

Apabila ditotal secara keseluruhan kebutuhan kotak dan bilik suara sebanyak 1.389 buah. Semuanya sudah terpenuhi dan tinggal dipakai saja saat pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah 2018.

KPU Sukoharjo juga menyiapkan bilik suara setiap TPS disediakan dua buah. Maka secara keseluruhan kebutuhannya sebanyak 2.706 buah atau dua kali dari jumlah TPS.

Kebutuhan logistik Pilgub Jawa Tengah yang jadi kewenangan daerah juga akan dipenuhi KPU Sukoharjo dalam waktu dekat. Barang tersebut seperti sampul kubus, sampul biasa, sampul kecil, alat coblos, bantalan, tanda pengenal, karet pengikat, lem, kantong plastik besar dan lainnya. Pemenuhan kebutuhan tersebut masih dalam proses lelang.

“Untuk kebutuhan logistik dari KPU Provinsi Jawa Tengah masih kami tunggu sebab belum dikirim. Logistik tersebut seperti surat suara,” lanjutnya.

Khusus untuk surat suara KPU Sukoharjo terus berkomunikasi dengan panitia ditingkat provinsi. Salah satu materinya yakni berkaitan dengan kondisi surat suara. “Sampai sekarang belum jelas apakah surat suara yang dikirim provinsi ke KPU Sukoharjo sudah dalam bentuk dilipat siap pakai atau belum. Kalau belum maka akan kami siapkan petugas untuk melakukan pelipatan,” lanjutnya.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto mengatakan, penyiapan kebutuhan logistik sejak awal sudah dilakukan. Sebab untuk menyiapkan tersebut butuh tenaga besar untuk melakukan pengangkutan dari gudang ke kantor KPU Sukoharjo.

“Kegiatan besar seperti pemindahan barang dilakukan awal karena sebentar lagi puasa Ramadan. Jadi saat puasa nanti tinggal melakukan penyiapan kebutuhan kecil saja. Harapannya sebelum Pilgub Jawa Tengah digelar semua sudah siap,” ujar Kuswanto. (Mam)

Read previous post:
Banyak Kejutan di LIMA Badminton Nationals 2018

SOLO (MERAPI) - LIMA Badminton Nationals 2018 telah rampung. Perhelatan akbar yang digelar di GOR Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo

Close