PELAKU DAN PENADAH DIBEKUK-Mobil Rental Digelapkan, Digadaikan Rp 20 Juta

MERAPI-SMENTO SIHONO Pelaku penipuan mobil rental berikut barang bukti diamankan di Polsek Ngaglik.
MERAPI-SMENTO SIHONO
Pelaku penipuan mobil rental berikut barang bukti diamankan di Polsek Ngaglik.

NGAGLIK (MERAPI)-  Lantaran menggelapkan mobil rental milik warga Ngaglik, Sleman, seorang pria berinisial DW (22) warga Patuk, Gunungkidul harus berurusan dengan polisi. Dw ditangkap di Bantul, sementara penadahnya SP (40) warga Purbalingga ditangkap akhir pekan lalu. Pelaku menggadaikan mobil yang disewanya itu senilai Rp 20 juta.
Kanit Reskrim Polsek Ngaglik Iptu Made Wira Suhendra kepada wartawan, Selasa (8/5) mengatakan, kasus penggelapan mobil itu dilaporkan oleh Jordan (22) warga Perum Pesona Merapi, Nnaglik, Sleman pada awal Mei lalu. Dari laporan itu petugas langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku dan penadahnya.
“Kita berhasil amankan pelaku penggelapan dan penadah berikut barang bukti mobil Toyota Avansa,” beber Made.
Berdasarkan keterangan korban, awalnya pelaku datang ke rumah dengan niat menyewa satu unit mobil miliknya selama tiga bulan. Dalam transaksinya, pelaku berjanji akan membayar sewa kendaraan setiap minggu dengan biaya sewa Rp 1,2 juta.

“Pelaku menyewa dalam jangka panjang. Karena yakin korban bersedia mobilnya disewa pelaku. Namun, hingga batas waktu yang telah disepakati, yang bersangkutan tidak kunjung menyerahkan uang pembayaran,” katanya.
Dia melanjutkan, setelah dilakukan upaya penagihan, pelaku tetap tidak kunjung menunaikan kewajiban membayar biaya sewa. Hingga akhirnya korban mengetahui, jika mobil yang disewakan sudah berpindah tangan kepada orang lain.
“Akibat kejadian itu, korban kehilangan satu unit mobil karena digadaikan oleh pelaku sebesar Rp 20 juta,” katanya.
Made menuturkan, berdasarkan laporan korban, dilakukan penyelidikan dan penyidikan untuk mencari keberadaan pelaku. “Proses pencarian cukup terbantu karena korban memiliki identitas lengkap pelaku, sehingga cukup mudah untuk mendeteksi keberadaannya,” ucapnya.

Dalam proses penyelidikan dan penyidikan, pada Jumat (4/5) lalu, pihaknya mendapatkan informasi jika pelaku sedang berada di Bantul. Berbekal informasi itu, dia menambahkan, anggota menuju lokasi yang dimaksud untuk melakukan penangkapan.
Panit Reskrim Polsek Ngaglik Ipda Apfryyadi menambahakan, dari interogasi pelaku mengaku jika mobil milik korban telah digadaikannya Rp 20 juta. Dari informasi itu petugas langsung melakukan pencarian dan menangkap penadahnya di Purbalingga.
“Untuk pelaku beserta barang bukti sudah kita amankan. Atas perbuatanya pelaku akan dikenakan pasal 372 dengan ancaman pidana penjara empat tahun,” pungkasnya. (Shn)

 

Read previous post:
Minum Susu Secukupnya Saja

PENYEBAB osteoporosis amat beragam. Yang paling sering dikarenakan tidak adanya hormon estrogen pada wanita menopause. Hormon ini dapat meningkatkan penyerapan

Close