LOMBA BURUNG BERKICAU PIALA PAKUALAM KE VI – Birly Raih Juara Umum Single Fighter

 MERAPI-ISTIMEWA Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro menyerahkan maskot Piala Pakualam kepada Dra. Endang Widuri.
MERAPI-ISTIMEWA
Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro menyerahkan maskot Piala Pakualam kepada Dra. Endang Widuri.

DINAS Pariwisata DIY bersama PBI Cabang Bantul, berupaya mendongkrak angka kunjungan wisatawan dengan menggelar lomba burung berkicau bertajuk “Piala Pakualam ke VI” di Taman Pemda Denggung Sleman. Lomba ini mendapat sambutan antusias sangat tinggi dari masyarakat. Terdapat 2500 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Kalimantan, Sumatra, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, maupun Yogyakarta.

Lomba burung berkicau Piala Pakualam ke VI memiliki beberapa klasifikasi jenis burung yang dilombakan, di antaranya kelas adipati, kelas pangeran, kelas bupati, kelas pariwisata, kelas bintang PBI, kelas sentono, dan kelas ring PBI.
Penilaiannya melibatkan 30 juri dari perwakilan cabang PBI di seluruh Indonesia. Penilaiannya meliputi irama dan lagu, volume maupun fisik. H. Birly Pekalongan akhirnya sukses raih juara umum Single Fighter, dengan perolehan poin mutlak.

Dalam sambutan KGPAA Paku Alam X yang dibacakan Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro disampaikan, bahwa event ini mempunyai arti yang besar dalam memupuk rasa persaudaraan, serta dapat menumbuhkan kesadaran untuk mencintai dan menyayangi burung berkicau. Adanya kesamaan hobi dan kegemaran burung berkicau ini akan menguntungkan dari segi ekonomi dan mampu menambah pendapatan keluarga. Melalui event ini diharapkan komunitas pecinta burung semakin maju dan berkembang serta mencintai lingkungan utamanya dalam menjaga populasi burung berkicau.

Penyerahan maskot piala Pakualam diwakili Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro kepada Dinas Pariwisata DIY yang diterima Dra. Endang Widuri selaku Kasubag Umum Dinas Pariwisata DIY. Kemudian piala diserahkan kembali kepada Ketua PBI cabang Bantul, H. Astono sebagai tanda dimulainya perlombaan Burung Berkicau Piala Pakualam ke-VI.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pariwisata DIY yang diwakili Dra. Endang Widuri disampaikan, Lomba Seni Suara Burung Berkicau dapat meningkatkan keberagaman daya tarik wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu wisata hobi atau tourism hoby serta berperan dalam melestarikan fauna burung berkicau sehingga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Lomba Seni Suara Burung Berkicau Pakualam VI dinilai mampu mendongkrak target kunjungan wisatawan di DIY.

Dra. Endang Widuri mengatakan dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan di DIY secara tidak langsung event ini juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat yogyakarta, khususnya masyarakat yang bergerak di bidang pembuatan atau penjualan sangkar burung, pakan burung , kuliner dan sebagainya.

Dalam sambutannya H. Bagya Rahmadi S.H.MM menyampaikan bahwa terpilihnya dirinya kembali menjadi ketua umum PBI secara aklamasi akan menjadi amanah serta membawa PBI lebih konsentrasi dalam konservasi. Dikatakannya bahwa kegiatan lomba burung berkicau akan terus diadakan untuk memperkenalkan produk-produk pelestarian satwa. Bagya Rahmadi menuturkan, kedepannya akan banyak inovasi yang dimunculkan dalam lomba burung ini seperti di bidang pelestariannya, dimana disetiap pelaksanaan event lomba burung terdapat acara pelepasan burung ke alam. (*)

 

Read previous post:
Dua Sekawan Spesialis Bobol SD Diringkus

GROBOGAN (MERAPI) - Dua sekawan pelaku pencurian yang biasa beraksi di Kantor SD berhasil diringkus Polsek Kradenan Grobogan, Rabu (9/5).

Close