Jelang Ramadan, Kebutuhan Pokok Dijamin Aman

SUKOHARJO (MERAPI) – Kebutuhan pokok masyarakat menjelang dan selama puasa Ramadan hingga Lebaran dijamin aman Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo. Seluruh kebutuhan sudah tersedia disemua pasar tradisional. Selain jaminan stok, petugas juga menjamin harga terjangkau dan tidak ada lonjakan signifikan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Minggu (6/5) mengatakan, sampai sekarang seluruh stok dan harga kebutuhan pokok masyarakat dalam menghadapi puasa Ramadan dan Lebaran aman. Kebutuhan tersebut seperti pangan baik berupa beras, gula, minyak goreng, tepung, cabai dan lainnya melimpah. Selain itu kebutuhan elpiji khususnya gas kemasan 3 kilogram juga terpenuhi.

Petugas sama sekali belum mendapatkan laporan kekurangan atau kelangkaan barang kebutuhan pokok. Termasuk pula laporan keluhan kenaikan harga tidak ada.

“Semua aman dan dijamin dinas karena kebutuhan pokok baik stok dan harga masih terkendali. Tidak ada gejolan di pasar,” ujar Sutarmo.

Para lurah pasar dan petugas terkait lainnya sudah diminta aktif memberikan data dan laporan perkembangan stok dan harga kebutuhan pokok setiap hari. Cara tersebut dimaksudkan untuk menekan munculnya masalah baik kelangkaan maupun kenaikan harga kebutuhan pokok diluar kewajaran.

Pemantauan juga dilakukan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dengan melibatkan aparat keamanan. Keterlibatan dimaksudkan sebagai bentuk penindakan apabila ditemukan pelanggaran seperti penimbunan untuk mencari keuntungan sendiri.

Aparat keamanan sudah dilibatkan dalam pemantauan distribusi kebutuhan pangan disemua wilayah. Distributor besar juga tidak luput dari pemantauan petugas mengingat mereka memiliki peran besar dalam mendistribusikan barang ke pasar.

Koordinasi lintas instansi dalam persiapan menghadapi puasa Ramadan dan Lebaran sudah dilakukan. Mereka yang terlibat seperti Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Bulog, aparat keamanan, distributor dan lainnya. Hasilnya disepakati bersama instansi terkait siap menjamin stok dan harga kebutuhan pokok.

Lurah Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Tri Sukrisno mengatakan, belum ada gejolak di pasar menjelang puasa Ramadan dan Lebaran. Stok kebutuhan pokok masih melimpah dan harga terjangkau. Masyarakat mudah mendapatkan barang yang dicari di pasar.

Petugas pasar sudah aktif mendata langsung stok dan harga barang kebutuhan pokok ke pedagang. “Harga semua masih normal tidak ada lonjakan kenaikan signifikan. Sebab stok kebutuhan pokok masih melimpah,” ujarnya. (Mam)

Read previous post:
Bawang Dayak Peluruh Air Seni

TANAMAN bawang dayak mempunyai beberapa nama lain seperti bawang siyem, bawang sabrang dan bawang hutan. Ciri tanamannya, antara lain daunnya

Close