Kuliner Nuansa Pedesaan Kian Dicari

 MERAPI-SULISTYANTO Menu makanan serta minuman tradisional di Geblek Pari enak dan lezat dinikmati di alam terbuka khas pedesaan.
MERAPI-SULISTYANTO
Menu makanan serta minuman tradisional di Geblek Pari enak dan lezat dinikmati di alam terbuka khas pedesaan.

LOKASI kuliner khas pedesaan alias ndeso semakin banyak diburu. Apalagi di sekitarnya mempunyai pemandangan elok, suasananya nyaman serta segar. Tak jarang yang awalnya kebun penuh rerumputan lalu dapat disulap menjadi lokasi kuliner dengan tampilan menawan dan menikmati makan-minumnya seperti di alam terbuka.

Suasana seperti ini antara lain dapat ditemukan di lokasi kuliner Geblek Pari kawasan Pronosutan Nanggulan Kulonprogo. Aneka masakan jaman dulu (jadul) seperti sayuran maupun makanan ringannya dimasak serta disajikan kental nuansa jadul. Tak ketinggalan ada makanan ringan wujud makanan khas Kulonprogo, yakni geblek plus tempe besengek.

“Ide awalnya mendirikan kuliner Geblek Pari ingin bisa berpartisipasi membangun desa dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Ditambah lagi Pronosutan mempunyai pemandangan yang indah dan belum banyak diketahui orang serta masih kental kearifan lokalnya,” ungkap pendiri Geblek Pari, Merici Putri kepada Merapi, baru-baru ini.

Selain itu, ia berusaha bisa mendirikan lokasi kuliner yang bisa digunakan untuk menggelar acara, baik untuk keluarga, kelompok maupun komunitas sehingga dapat mempererat kebersamaan, menjalin silaturahmi sembari menikmati keindahan alam khas pedesaan. Kian berkesan ketika sambil menyantap dan menikmati makanan rumahan serta camilan sederhana tanpa tambahan pengawet, pemanis serta pewarna sintetis. Semua kental nuansa alaminya. Tanpa disangka promosi lewat media sosial, media massa serta gethok tular cukup memberi banyak pengaruh untuk kian dikenal masyarakat luas.

Menurut Camat Nanggulan Kulonprogo Drs Duana Heru Supriyatna MM, kuliner dengan suasana pedesaan seperti berdekatan dengan areal persawahan mampu tampil khas, bisa membuat nyaman dan senang. Apalagi seperti di Geblek Pari juga ada pemandangan pegunungan Menoreh yang hijau memanjang.

“Viewnya sangat bagus. Selain itu aneka makanan khas tradisionalnya seperti sayur brongkos, lompong dan geblek-tempe besengeknya enak semua. Kita juga bisa memilih menggunakan piring-piring blek model jaman dulu,” papar Duana. (Yan)

 

Read previous post:
Pesta Rakyat Meriahkan Penutupan TMMD Kodim Yogya

KEGIATAN TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734/Yogyakarta resmi ditutup, Kamis (3/5). Acara penutupan ini dimeriahkan pula sederet kegiatan lain, diantaranya adalah

Close