PSS Kalah Menyakitkan dari Madura FC

Striker PSS, Christian Gonzales (kiri) ditempel bek Madura FC Agus Kogoya. (MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA)
Striker PSS, Christian Gonzales (kiri) ditempel bek Madura FC Agus Kogoya. (MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA)

SLEMAN (MERAPI) – PSS Sleman harus menelan kekalahan menyakitkan 1-2 atas Madura United di kandang sendiri Rabu (2/5) sore kemarin. Tertinggal lebih dulu menit 7 oleh Yusuf Efendi, Christian Gonzales sempat menyamakan kedudukan 1-1 melalui titik putih menit 75. Namun serangan balik cepat yang dibangun skuad Madura di menit akhir pertandingan mampu dimanfaatkan Bayu Firmansyah untuk mencetak gol kemenangan Madura FC.

 

Dalam pertandingan kemarin, Herkis kembali mencadangkan Gonzales. Ia mempercayakan posisi striker pada Tambun Naibaho. Perubahan juga terjadi di lini tengah. Herkis lebih memilih Adi Nugroho ketimbang Ichsan Pratama menggantikan peran Samsul Chaerudin.

 

Sedangkan di sayap, ia menurunkan Slamet Budiono yang di laga perdana tidak dimainkan. Sisanya sama seperti yang diturunkan kala menjamu PS Mojokerto Putra. Ada Thaufan Hidayat di sayap kiri, Arie Sandy gelandang jangkar, dua bek tengah Hisyam Tolle dan Yudi Khoerudin, serta Yericho Christiantoko di bek kiri dan Bagus Nirwanto di bek kanan.

 

Komposisi ini membuat serangan PSS miskin ide di babak pertama. Baru juga coba membangun serangan, mereka langsung kebobolan melalui tandukan Yusuf Efendi yang mendapat umpan Gufron Al Maruf menit ke-7. Tertinggal 0-1, pemain PSS terburu-buru mengirimkan umpan ke kotak penalti. Tambun yang menjadi target utama selalu gagal mengamankan atau memantulkan bola ke lini kedua. Tahu ada yang tidak beres, Herkis memasukkan Irkham Irhaz menggantikan Slamet Budiono. Permainan jadi lebih segar. Beberapa kali PSS nyaris menyamakan kedudukan berkat umpan Irkham namun selalu gagal di tangan kiper Madura FC.

 

Di babak kedua, PSS menarik Tambun Naibaho lalu menggantinya dengan Christian Gonzales. Rangga Muslim juga turut dimasukkan. Sementara di kubu Madura, kiper Sukasto Efendi yang cedera digantikan kiper senior Usman Pribadi. Masuknya Gonzales menaikkan mental para pemain PSS. Mereka main lebih cepat dari lini sayap. Sayang, permainan mereka yang menjadikan El Loco sebagai target bola lagi-lagi terbaca barisan bek Madura. Baru menit 75, aksi individu Gonzales membuat pemain ini terpaksa dijatuhkan di kotak penalti yang membuat wasit langsung menunjuk titik putih. Gonzales pun tak menyiakan peluang emas itu dan menyamakan skor sama kuat 1-1.

 

PSS berpeluang unggul selepas Rangga mendapat umpan matang Adi Nugroho di dalam kotak penalti. Sayang sepakan eks Persebaya Surabaya itu masih jauh dari sasaran. Para pemain PSS akhirnya hanya bisa tertunduk lesu ketika Bayu Firmansyah yang lolos dari jebakan offside mampu menaklukkan Ega Rizky di menit 95. Gol tersebut tak sempat dibalas sebab wasit Tommi Manggopa lebih dulu meniup panjang pertanda akhir pertandingan. (Des)

Read previous post:
PERINGATI HUT KE-4 AFTA FOUNDATION- Beri Layanan Hukum di Penjuru Indonesia

  YOGYA (MERAPI) - Memasuki usia ke-4, Afta Foundation masih mengandalkan program bantuan hukumnya dan terus meningkatkan kinerja. Untuk itu,

Close