Rp 4,5 M untuk Padat Karya Tunai di Temanggung

MERAPI-Zaini Arrosyid Heru Sudjatmoko, Sudjadi dan Imam Santoso pantau pelaksanaan PKT di Parakan
MERAPI-Zaini Arrosyid
Heru Sudjatmoko, Sudjadi dan Imam Santoso pantau pelaksanaan PKT di Parakan

TEMANGGUNG (MERAPI) – Dana sebesar Rp 4,5 miliar digelontorkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membiayai Program Padat Karya Tunai (PKT) di 21 lokasi Kabupaten Temanggung.

“Ada berbagai kegiatan PKT di Temanggung salah satunya adalah pemeliharaan saluran air di Kelurahan Parakan Wetan dan Parakan Kauman,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso, disela peninjauan PKT bersama anggota Komisi V DPR RI Sujadi dan Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Selasa (1/5).

Dia mengatakan Kementerian PUPR pada 2018 menganggarkan dana sebesar Rp 11,3 Triliun untuk kegiatan PKT di sekitar 5000 lokasi. Di Jateng sendiri ada 454 lokasi dengan dana Rp 102 Miliar. PKT ini untuk menyentuh masyarakat kecil dan diharapkan masyarkat dapat langsung merasakan manfaat dari pengelolaan keuangan dari PUPR.

Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko mengatakan PKT untuk pemberdayaan masyarakat baik yang setengah pengangguran atau pengangguran total agar punya pendapatan uang. Mereka yang terlibat akan dibayar secara langsung pada hari itu juga.

Dikatakan PKT ini banyak manfaatnya, apalagi yang untuk saluran irigasi. Irigasi mengairi pertanian, nanti hasil pertanian baik dan masyarakat yang ikut PKT dapat membeli hasil pertanian itu. ” Uang dari PKT dapat pula untuk tambahan bayar sekolah dan belanja yang produktif lainnya. Jadi ekonomi berputar, ” katanya.

Sudjadi mengatakan PKT membuka lowongan pekerjaan di masyarakat dan diharapkan turut mendongkrak ekonomi masyarakat. Setelah padat karya pembersihan saluran air pertanian, kedepan juga ada PKT khusus untuk pemasangan lampu dan penghijauan di sekitar jembatan gantung Parakan. ” Jadi PKT ini juga untuk mendukung pariwisata ,” katanya. (Osy)

Read previous post:
Pesta Rakyat di Hari Buruh, Diwarnai Kontrak Politik ke Pasangan Cabup-Cawabup

KARANGANYAR (MERAPI) - Perayaan hari Buruh Sedunia di Kabupaten Karanganyar dimaknai penguatan soliditas kalangan pekerja, pengusaha dan pemerintah dalam menciptakan

Close