Kampung KB Ngasinan Bulu Masuk Enam Besar

SUKOHARJO (MERAPI) – Kampung Keluarga Berencana (KB) Dukuh Kedungbatang, Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu masuk nominasi enam besar dalam penilaian tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018. Penentuan juara 1 akan dilakukan tim penilai pada 7 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti, Selasa (1/5) mengatakan, masuknya Kampung KB Kedungbatang, Ngasinan, Bulu dalam nominasi enam besar tingkat Jawa Tengah sangat melegakan Pemkab Sukoharjo. Selain itu juga membuat kaget Pemkab Sukoharjo mengingat penentuan masuk enam besar dilakukan tim penilai secara selektif dan ketat.

Tim penilai gabungan dari Provinsi Jawa Tengah dan pusat melakukan penilaian secara mendadak disemua wilayah di 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Tim penilai sendiri datang ke Kabupaten Sukoharjo dan menilai Kampung KB Kedungbatang, Ngasinan, Bulu beberapa hari lalu.

Hasilnya luar dugaan Kampung KB Kedungbatang, Ngasinan, Bulu mampu masuk nominasi enam besar. Selanjutnya berhak masuk dalam penilaian terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah bersama Kampung KB dari lima kabupaten dan kota lainnya.

“Saat dilakukan penilaian dari tim penilai provinsi dan pusat datang mendadak tanpa ada pemberitahuan. Dari pihak Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu tidak tahu apalagi kami. Tim penilai melakukan penilaian dan sudah ada keputusan Kampung KB Kedungbatang, Ngasinan, Bulu masuk enam besar,” ujar Probo.

Setelah mengetahui masuk enam besar maka Pemkab Sukoharjo meminta kepada Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu untuk serius melakukan persiapan. Sebab direncanakan pada 7 Mei mendatang tim penilai akan datang lagi melakukan penilaian menentukan juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2, 3.

“Kami berharap Kampung KB Kedungbatang, Ngasinan, Bulu bisa juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah dan menjadi wakil maju penilaian tingkat pusat,” lanjutnya.

Harapan tersebut bukan tanpa alasan sebab Pemkab Sukoharjo sudah memberikan dukungan penuh. Selain itu juga ditunjang dengan aktifnya petugas tingkat desa dalam menjalankan program Kampung KB.

Probo menambahkan, selain Kampung KB Kedungbatang, Ngasinan, Bulu masih ada lima nominasi lain masuk dalam penilaian. Mereka yakni, Kampung KB Desa Tunggulsari, Kecamatan Kalori, Rembang, Kampung KB Desa Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, Kampung KB Desa Tegalrejo, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap, Kampung KB Dukuh Babadan, Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Magelang dan Kampung KB Desa Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Semarang.

Ketua TP PKK Sukoharjo Etty Suryani mengatakan, prestasi yang dibuat Kampung KB Kedungbatang, Ngasinan, Bulu sangat membanggakan. Sebab keberhasilan tersebut merupakan wujud nyata dan kerja keras semua pihak. Apabila tidak dilandasi tersebut maka sulit bisa masuk enam besar tingkat provinsi. Terlebih lagi penilaian dilakukan tim penilai dari provinsi dan pusat secara acak dan mendadak.

“Tim penilai datang tanpa pemberitahuan. Kami sendiri tidak tahu di Sukoharjo yang akan didatangi dan melakukan penilaian oleh tim penilai. Sebab di Sukoharjo ada banyak Kampung KB. Ternyata yang dinilai di Ngasinan, Bulu dan membanggakan bisa masuk enam besar. Harapan kami terus maju dan jadi juara 1,” ujarnya. (Mam)

Read previous post:
TAK SEMUA UMK LAYAK PAMERAN-Yogya Terapkan Kurasi Produk

UMBULHARJO (MERAPI) - Tidak semua produsen usaha mikro kecil di Kota Yogyakarta langsung difasilitasi mengikuti pameran. Pemkot Yogyakarta dan Dewan

Close