Kacang Panjang Kaya Kalsium

MERAPI-JB SANTOSO Kacang panjang, lalapan dan bahan sayur yang menyehatkan.
MERAPI-JB SANTOSO
Kacang panjang, lalapan dan bahan sayur yang menyehatkan.

SIAPA pun tidak menghendaki dirinya diserang penyakit. Tetapi proses penuaan tidak apat dihindari seorang pun. Penuaan sering disertai dengan pengeroposan tulang. Lebih lagi pada wanita pasca menopause. Tapi kita bisa menjaga agar kepadatan tulang selalu baik.

Pengeroposan tulang juga disebut dengan osteoporosis, sebuah kondisi ketika tulang menjadi tipis, rapuh, keropos dan mudah patah. Merupakan penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan rendahnya masa tulang dan terjadinya perubahan mikroarsitektur jaringan tulang sehingga tulang menjadi rapuh.

Osteoporosis juga merupakan suatu kondisi dimana tulang mengalami penurunan massa tulang disebut sebagai osteopenia. Kondisi osteopenia ini dapat berlanjut menjadi osteoporosis, istilah yang mungkin secara awam disebut sebagai tulang keropos.
Osteoporosis adalah penyakit tulang dimana terjadi penurunan massa tulang disertai perubahan-perubahan mikro dalam tulang dan kemunduran kualitas tulang sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kerapuhan tulang serta peningkatan risiko terjadinya patah tulang.

Osteoporosis sering dijuluki sebagai silent thief atau pencuri tersembunyi atu juga silent disease karena tidak memiliki gejala yang nyata sampai sudah mencapai tahap lanjut, bahkan gambaran radiologis baru jelas bila penurunan kepadatan tulang sudah lebih dari 30 persen.

Lalu bagaimana kita mengetahui apakah kita mengalami osteoporosis atau osteopenia? Kita harus waspada apabila terdapat gejala seperti patah tulang akibat trauma ringan, tubuh makin pendek atau postur tubuh makin membungkuk dan nyeri tulang.
Patah tulang yang terjadi dapat di lokasi mana saja, tetapi yang paling sering adalah lokasi tulang belakang, tulang pangkal paha, dan tulang pergelangan tangan.

Apabila kita mengalami gejala-gejala tersebut di atas, maka tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah tulang. Biasanya dokter kemudian akan melakukan pemeriksaan klinis lengkap untuk memastikan apakah mengalami osteoporosis. Diagnosis pasti dari osteoporosis dapat diperoleh melalui pemeriksaan bone mineral density (BMD) menggunakan dual-energy X ray absorptiometry.

Usia lanjut, baik pada wanita maupun pria, perlu waspada akan terjadinya osteoporosis. Pada usia 60-70 tahun lebh 30 persen wanita menderita osteoporosis dan kejadiannya meningkat menjadi 70 persen saat usianya menginjak 80 tahun ke atas.
Apabila pada wanita disebabkan oleh berkurangnya hormon estrogen, pada laki-laki karena menurunnya hormon seks testosteron yang dihasilkan testis. Dalam darah, testosteron diubah menjadi astrogen. Karena tidak mengalami menopause, laki-laki maka hormon testosteron akan dihasilkan terus menerus.

Karena kodrat itulah osteoporosis pada laki-laki tidak secepat yang terjadi pada perempuan. Tapi kaum perempuan tidak perlu berkecil hati. Di sekeliling kita terdapat banyak bahan alami yang dapat membantu memperlambat terjadinya kerapuhan tulang.
Apabila pengobatan dilakukan secara teratur maka dapat menjaga kepadatan tulang. Kacang panjang (Vigna sinensis Endl), misalnya, adalah bahan konsumsi yang dapat menjaga kesehatan tulang.

Seperti disampaikan Dr Setiawan Dalimartha dalam Resep Tumbuhan Obat untuk Penderita Osteoporosis, dalam setiap 100 gram daun kacang panjang mengandung 135 mg kalsium, sementara dalam kacang panjangnya sendiri, dalam 100 gram terdapat 345 mng kalsium.
Begitu pula bayam (Amaranthus tricolor Linn), bila dikonsumsi sebagai lalapan yang dikukus, maka sangat baik untuk kesehatan tulang. Bayam banyak ditanam ortang di lading-ladang, seringkali juga tumbuh liar. Tak mengherankan apabila bayam mudah dibeli di pasar-pasar tradisional. (dari berbagai sumber)-(Jbo)

 

Read previous post:
CERITA MISTERI – Kuda Putih Hantu Kastil

BANYAK peninggalan masa lalu yang masih dilestarikan di Eropa sampai saat ini. Selain sebagai bangunan cagar budaya, situs-situs itu juga

Close