Terung Cegah Risiko Kanker dan Hipertensi

MERAPI-SULISTYANTO Terung apalagi jenis ungu memiliki banyak manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Terung apalagi jenis ungu memiliki banyak manfaat kesehatan.

SEBAGIAN bahan alami meski tampak sepele, namun ternyata memiliki beberapa khasiat kesehatan. Ketika rutin dikonsumsi tak perlu membutuhkan banyak biaya, bahkan bisa mendukung kesehatan serta kebugaran badan. Guna mendapatkan bahan alami bisa membeli di pasar ataupun menanam sendiri di kebun atau pekarangan. Beberapa jenis bahan alami berkhasiat dapat ditemukan antara lain pada rempah, sayur, buah bahkan tanaman yang dianggap gulma.

Warga Pedukuhan Kalangan Banguntapan Bantul, Septi Nur Samsiah baik secara pribadi maupun ibu-ibu PKK di tempat tinggalnya senang bercocok tanam. Jenis tanamannya seperti aneka sayur, buah dan tanaman berkhasiat obat. Beberapa jenis sayur, misalnya terung, selada, seledri, kangkung, kemangi, kelor dan daun singkong bagus untuk kesehatan, bahkan berkhasiat. Sedangkan jenis buah berkhasiat antara lain jeruk nipis, srikaya, sawo dan jeruk manis.

MERAPI-SULISTYANTO Septi NS.
MERAPI-SULISTYANTO
Septi NS.

“Cara menanamnya tak harus di tanah langsung, tapi bisa di pot, plastik polybag atau bahkan memanfaatkan botol-botol bekas lalu digantung atau model vertikultur. Beberapa jenis sayur, bahkan cocok dibudidayakan model hidroponik,” paparnya.

Khususnya terung apalagi jenis terung ungu, diyakini dapat membantu mencegah risiko kanker, penyakit jantung serta hipertensi (darah tinggi). Kandungan serat, beta karoten dan anti oksidan yang tinggi menjadikan terung termasuk bahan alami yang dapat mencegah seseorang terkena serangan jantung bila mengkonsumsinya secara teratur. Selain itu terung juga memiiki kadar atau jumlah kalium yang cukup tinggi, sehingga dipercaya cukup efektif mencegah hipertensi.

Sedangkan kandungan skopoletin dan scoparone yang terdapat pada terung diyakini dapat menurunkan guncangan psikologi dan mengurangi stres. Bahkan terung juga dapat mencegah epilepsi dan faktor penyebab stres yang lain. Bahkan terung bisa bermanfaat membantu menurunkan lemak jahat dalam pembuluh arteri, sehingga dapat terhindar dari risiko aterosklerosis.

“Bagus juga melawan lemak jahat di dalam tubuh dengan memanfaatkan jeruk nipis,” tegas Septi. (Yan)

 

 

Read previous post:
Mineral Mengkudu Kuatkan Tulang

YANG sering kita temui, tulang itu keras. Tapi sebenarnya, tulang bisa rapuh. Terlebih bila usia menanjak tua. Karena produksi hormon

Close