Mineral Mengkudu Kuatkan Tulang

MERAPI-JB SANTOSO Mineral yang dikandung mengkudu menguatkan tulang.
MERAPI-JB SANTOSO
Mineral yang dikandung mengkudu menguatkan tulang.

YANG sering kita temui, tulang itu keras. Tapi sebenarnya, tulang bisa rapuh. Terlebih bila usia menanjak tua. Karena produksi hormon menurun, kalsium dalam tulang digerogoti untuk mendukung metabolisme tubuh. Tulang pun rapuh jadinya.

Selain itu, bagi lansia kepadatan massa tulang juga semakin menurun. Maka tidak heran apabila setiap kali mereka metayakan ulang tahun, maka tinggi badannya juga akan semakin memendek beberapa sentimeter. Mereka juga akan terlihat semakin membungkuk karena kekuatan tulang (belakang) juga menurun.

Kerapuhan tulang berlangsung sepanjang hidup manusia, namun lebih cepat berlangsung dalam sisa-sisa hidup. OIeh sebab itu pencegahan dan pengobatannya harus dilakukan secara berkesinambungan dan teratur.

Menurut Prof HM Hembing Wijayakusuma (alm) dalam tabloid Jamu, osteoporosis atau kerapuhan tulang terbagi dalam dua kelompok, yakni osteoporosis sekunder dan primer. Osteoporosis sekunder terjadi karena adanya penyakit tertentu atau akibat dari pengobatan. Misal penyakit menahun, gangguan metabolisme kalsium, kelainan endoktrin dan strok yang menyebabkan kelumpuhan.
Sedang osteoporosis primer terjadi secara tiba-tiba tanpa sebab yang mendasar, terjadi pada pria maupun wanita. Oada wanita sering terjadi pada masa menopause. Pada wanita osteoporosis primer dipilah menjadi Osteoporosis pasca menopause dan osteoporosis senilis.

Mimum susu berkalsium bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang bagi wanita masa menopause atau pada pria lansia. Susu kedelai merupakan alternatif terbaik untuk mengatasi menopause. Kini banyak dijual susu spesial buatan pabrikan farmasi untuk menghambat terjadinya osteoporosis dengan berbagai merk. Selain itu mengonsumsi makanan dengan bahan olahan kedelai seperti tahu, tempe, kecap dan lain sebagainya juga memiliki manfaat serupa susu kedelai.

Biji maupun daun muda kacang kara (<I>Phaseolus lunatus<P> Linn) merupakan makanan yang baik bagi lansia. Secara empiris daun kacang kara muda juga dapat menjadi obat sariawan. Daun dan batangnya mengandung saponin dan polifenol. Akarnya mengandung saponin, polifenol dan flavonoida, Pada bijinya terdapat saponin. Seperti kedelai dan gude, kara mengandung fitoestrogen yang dibutuhkan untuk menghambat terjadinya osteoporosis.

Mengkudu juga dikenal sebagai bahan alami penghambat menurunnya kepadatan massa tulang. Caranya cukup mengubah buah yang matang dari mengkudu untuk dijadikan minuman.

Mengkudu tumbuh di berbagai daerah di Indonesuia. Karenanya buah ini memiliki banyak nama lokal. Di Aceh lazim disebut keumeudee. Nama local lainnya, pace, kemudu, kudu (Jawa), cangkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah (Bali).

Tanaman ini berasal dari daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Hawaii), nono (Tahiti), nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan Ach (Hindi).

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 meter, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Selain itu mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Mengkudu (<I>Morinda citrifolia<P> Linn) mengandung xeronin, proxeronim, proceronse dan berbagai mineral (magnesium, besi dan fosfat) yang dapat menambah kekuatan tulang, pembersih darah, antiradang, antialergi dan peluruh kencing. (dari berbagai sumber)-(Jbo)

 

Read previous post:
ALUR DEANDELS MEMBELAH KAWASAN PURWOREJO (4) Terdapat Ruas Jalur Pesugihan

J Jalan yang lurus dan mulus, justru membuat konsentrasi si pengendara terlena. Namun menurut Wagiman justru ada faktor gaib di

Close