Panwaskab Sukoharjo Segera Rekrut Pengawas TPS

SUKOHARJO (MERAPI) – Sebanyak 1.353 orang akan direkrut oleh Panwaskab Sukoharjo untuk menjadi pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) ) pada penyelenggaraan Pilgub Jawa Tengah 2018. Pembentukan pengawas TPS sedang dilakukan dan maksimal terbentuk pada 1 Juni mendatang.

Ketua Panwaskab Sukoharjo Bambang Muryanto, Minggu (29/4) mengatakan, kebutuhan petugas sebagai pengawas TPS sangat penting untuk kelengkapan pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah 2018. Pembentukan akan dilaksanakan tidak hanya di Sukoharjo saja tapi juga semua daerah di Indonesia.

Pembentukan pengawas TPS akan dilakukan Panwaskab Sukoharjo sebanyak 1.353 orang sesuai jumlah TPS Pilgub Jawa Tengah di Sukoharjo. Artinya satu TPS akan diawasi oleh satu orang pengawas. Mereka bertugas mulai satu hari sebelum pencoblosan pada 27 Juni mendatang.

Para pengawas TPS nanti bertugas mengawasi TPS saat proses pencoblosan Pilgub Jawa Tengah. Pengawasan dilakukan untuk memastikan proses pelaksanaan pemilu berjalan lancar tanpa ada unsur pelanggaran. Kalaupun ada dugaan pelanggaran maka bisa langsung diketahui dan dilaporkan para pengawas TPS ke pihak terkait.

“Sekarang masih proses untuk dilakukan rekrutmen pengawas TPS Pilgub Jawa Tengah 2018. Pembentukan paling lambat 1 Juni,” ujar Bambang Muryanto.

Proses rekrutmen pengawas TPS akan dilakukan secara terbuka oleh petugas. Tahapan mulai dari pendaftaran sampai pengumuman penerimaan akan diumumkan pada masyarakat.

Nantinya setelah pengawas TPS terbentuk maka akan dilakukan pembinaan terlebih dahulu. Hal tersebut penting sebagai bagian dari persiapan sebelum menjalankan tugas.

“Pengawas TPS memiliki tugas mengawasi proses mulai dari pemungutan, penghitungan suara dan lainnya saat pencoblosan pemilu. Sedang tugas lainnya yakni melakukan pengawasan saat hari tenang dengan membersihkan alat peraga kampanye (APK),” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
KIM Kulonprogo Dituntut Mandiri

WATES (MERAPI) - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kulonprogo dituntut untuk bisa mandiri demi mencapai kesuksesannya. Bila memungkinkan, kucuran dana untuk

Close