Bangunkerto Deklarasi Desa Sadar HIV/AIDS

MERAPI-AWAN TURSENO Tokoh masyarakat Desa Bangunkerto menandatangani Deklarasi Desa Sadar HIV/AIDS.
MERAPI-AWAN TURSENO
Tokoh masyarakat Desa Bangunkerto menandatangani Deklarasi Desa Sadar HIV/AIDS.

TURI (MERAPI) – Pemerintah Kecamatan dan Puskesmas Turi bekerja sama dengan Pemerintah Desa Bangunkerto mencanangkan Deklarasi Desa Sadar HIV/AIDS, di Ruang Rapat Kantor Desa Bangunkerto, Kamis (26/4). Acara ini merupakan salah satu bagian dari kepedulian dan komitmen pemerintah, untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya penyakit HIV/AIDS bagi masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut semua tokoh masyarakat, seperti ketua bina keluarga remaja (BKR), ketua karang taruna, dan lembaga desa. Sementara dari unsur pemerintah, Kepala Desa Bangunkerto, Kapolsek Turi, Danramil Turi, KUA dan Camat Turi.

Camat Turi, Abdul Haris Sunarya dalam sambutannya berharap, Deklarasi Desa Sadar HIV/AIDS ini membuat masyarakat Desa Bangunkerto bisa mendeteksi sejak dini tentang gejala HIV dan AIDS agar dapat ditangani. Hal ini mengingat di Kecamatan Turi kurang dari lima orang yang terkena HIV/AIDS, sedangkan di Kabupaten Sleman 766 penderita dan di DIY 3.334 orang yang terkena HIV/AIDS.

“Ini yang menjadikan keprihatinan pemerintah sehingga dengan dideklarasikan Desa Bangunkerto sadar HIV/AIDS bisa mengurangi bahkan mencegah masyarakat supaya tidak terjangkit virus HIV/AIDS tersebut,” ucap Haris.

Perwakilan dari Puskesmas Turi, Lia sebagai narasumber menyampaikan tentang bahaya virus HIV/AIDS serta pentingnya peranan tokoh masyarakat untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat di dusun tentang HIV/AIDS.

Lia berpesan, jika ada penduduk atau warga yang terkena HIV/AIDS untuk segera melaporkan ke Puskesmas terdekat. “Jangan dikucilkan dari kehidupan bermasyarakat tapi harus tetap diberikan semangat dan motivasi supaya tetap bisa bertahan dan tidak menular ke orang lain,” pesan Lia.

Sebab, lanjut Lia, HIV/AIDS hanya bisa menular melalui empat cara yaitu lewat darah, air mani, cairan vagina, dan air susu ibu. Jadi masyarakat tidak perlu takut untuk memberikan pertolongan kepada penderita HIV/AIDS karena hanya dengan empat cara tersebut virus akan menular.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan Deklarasi Bangunkerto Desa Sadar HIV/AIDS yang dilakukan oleh kepala dukuh se-Desa Bangunkerto, kepala desa dan perangkat Desa Bangunkerto, ketua lembaga Desa Bangunkerto, dan tokoh masyarakat di Desa Bangunkerto. (Awn)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Malindo Air Raih Penghargaan Istimewa di Regional & Malaysia 2018

PETALING JAYA (MERAPI) - Malindo Air member of Lion Air Group mengumumkan secara bersamaan dengan memperoleh dua pengakuan khusus. Pertama,

Close