UNBK Susulan Digelar di Sekolah Asal Siswa

SUKOHARJO (MERAPI) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan SMP/MTs akan diselenggarakan di masing masing sekolah asal siswa. Pemusatan disatu tempat sekolah tidak dilakukan mengingat ada perubahan sistem ujian dari manual tertulis menjadi online internet.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, Kamis (26/4) mengatakan, jadwal UNBK susulan sudah ditetapkan pada Selasa – Rabu (8-9/5) mendatang. Waktu pelaksanaan tersebut sudah disosialisasikan ke semua sekolah termasuk siswa. Dengan demikian diharapkan mereka siap begitu UNBK reguler selesai digelar.

Dalam pelaksanaan UNBK susulan di sekolah dibagi dalam dua sesi. Untuk sesi pertama dimulai pukul 07.30 – 09.30 WIB dan sesi kedua pukul 10.30 – 12.30 WIB.

“UNBK susulan digelar di masing masing sekolah asal siswa. Beda dengan tahun lalu dipusatkan di satu sekolah karena masih memakai sistem ujian kertas tertulis. Sedangkan sekarang sistem dirubah menjadi online komputer,” ujar Heri.

Perubahan sistem tersebut mempermudah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo karena persiapan sampai pelaksanaan UNBK susulan digelar pihak sekolah. Siswa bisa mengerjakan ujian menggunakan komputer yang disediakan sekolah.

Meski UNBK susulan digelar di masing masing sekolah namun pengawas tetap menerapkan sistem silang. Penerapan dilakukan sebagai sistem transparansi.

“Untuk jumlah siswa yang ikut UNBK susulan masih menunggu perkembangan data dari semua sekolah. Data masih kami tunggu sampai hari terakhir pelaksanaan UNBK Kamis (26/4),” lanjutnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sampai sekarang juga masih menunggu jadwal pelaksanaan pengumuman kelulusan. Dimungkinkan jadwal segera turun sebagai persiapan pengumuman kepada siswa.

Sementara itu pada pelaksanaan UNBK hari terakhir pada Kamis (26/4) belum ditemukan kendala. Gangguan server yang sempat terjadi pada pelaksanaan UNBK hari pertama dan kedua tidak lagi terjadi. (Mam)

Read previous post:
CEDERA, BERRIEX LATIHAN TERPISAH – Rudy Eka Tak Khawatir di Zona Merah

  BANTUL (MERAPI) - Tiga kekalahan beruntun yang diderita PS Tira Bantul dalam kompetisi Liga 1 musim ini, tak membuat

Close