Dua Hari Terkendala Server, Hari Ketiga UNBK di Sukoharjo Lancar

SUKOHARJO (MERAPI) – Hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sukoharjo berjalan lancar Rabu (25/4). Kendala gangguan server hanya terjadi pada hari pertama (23/4) dan kedua (24/4). Khusus untuk hari kedua satu siswa yang absen ikut ujian karena gangguan server mendapat kesempatan mengikuti UNBK susulan.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, Rabu (25/4) mengatakan, tidak ada temuan kendala dalam pelaksanaan UNBK hari ketiga. Ujian dapat berjalan dengan lancar disemua sekolah. Sedangkan untuk jumlah siswa yang absen masih tetap sama 17 orang.

Selama tiga hari pelaksanaan UNBK catatan khusus diberikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo berkaitan dengan gangguan server. Seperti terjadi pada hari pertama ujian gangguan server membuat pelaksanaan ujian menjadi molor 5-10 menit dari jadwal yang telah ditentukan. Meski demikian semua siswa akhirnya dapat mengikuti ujian sampai selesai.

Gangguan server juga terjadi pada hari kedua pelaksanaan UNBK, Selasa (24/4). Kondisi tersebut membuat satu orang siswa SMPN 1 Tawangasari terpaksa harus absen ujian. Gangguan server membuat satu siswa tersebut gagal membuka dan mengerjakan naskah soal.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo masih memberikan kesempatan pada satu siswa SMPN 1 Tawangsari untuk mengikuti UNBK susulan. Kelonggaran diberikan mengingat kendala yang terjadi karena faktor gangguan teknis komputer dan bukan kesalahan siswa tersebut.

“Pelaksanaan UNBK hari ketiga lancar. Kendala hanya dihadapi saat hari pertama dan kedua karena gangguan server,” ujar Heri.

Kendala lain yang sebelumnya sempat dikhawatirkan berupa listrik padam justru tidak terjadi. Sebab Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pihak PLN.

“Fokus sekarang masih berusaha menyelesaikan UNBK sesuai jadwal reguler. Tahap berikutnya persiapan UNBK susulan diharapkan sekolah juga menyesuaikan,” lanjutnya.

Data siswa yang akan mengikuti UNBK susulan masih akan dikoordinasikan dengan sekolah. Hal tersebut penting untuk memastikan data siapa saja siswa yang tidak hadir saat UNBK reguler digelar.

Selain data kesiapan UNBK susulan yakni berkaitan dengan naskah soal dan akan dikoordinasikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo dengan pihak provinsi dan pusat. Kesiapan juga akan dilakukan berkaitan dengan tempat pelaksanaan ujian susulan. Rencananya tempat akan dipusatkan pada satu sekolah saja untuk mempermudah koordinasi dan pengawasan.

“Data hari pertama yang tidak ikut UNBK 17 siswa dan hari kedua 18 siswa. Tapi data itu nanti akan disaring dulu berapa siswa yang ikut UNBK susulan. Sebab siswa yang tidak ikut UNBK hari pertama dan kedua ada banyak alasan seperti sakit, mengundurkan diri dan lainnya,” lanjutnya. (Mam)

Read previous post:
Tekuk UTP, Putra USM Bukukan Kemenangan Kedua

SOLO (MERAPI) - Tim putra Universitas Semarang (USM) kembali mencatatkan kemenangan, dengan menundukkan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) 5-0, pada hari

Close