UPAYA HINDARI OSTEOPOROSIS SECARA ALAMI (2) – Kedelai Baik Bagi Tulang

MERAPI-JB SANTOSO Kedelai, banyak mengandung kalsium bermanfaat bagi tulang.
MERAPI-JB SANTOSO
Kedelai, banyak mengandung kalsium bermanfaat bagi tulang.

FUNGSI tulang bagi tubuh amat penting. Mana bisa orang berjalan, makan, minum dan berdiri tegak tanpa tulang. Karena itu kesehatannya harus dijaga. Meski usia semakin tua dan kualitas tulang menurun, kita bisa menjaga kepadatannya.

Laju penurunan kualitas tulang dimulai pada usia 30 tahun. Sedang proses pembuatan dan penyusunan tulang dimulai sejak manusia masih berada dalam kandungan. Proses itu akan berjalan terus menerus hingga usia seseorang mencapai 25 tahun.

Penurunan kualitas itu dipercepat dengan penurunan pembentukan berbagai macam hormon dan mencapai puncaknya pada usia lanjut. Karena penurunan hormon pada wanita relatif lebih drastis saat menopause, maka kaum perempuan lebih rentan terkena osteoporosis.
Pengeroposan dapat ditandai dengan hilangnya sel tulang secara berlebihan sehingga kepadatan tulang menurun. Keadaan ini akibat melarutnya kalsium tulang ke dalam cairan sel sehingga dalam tulang terdapat rongga-rongga yang mengurangi kekuatan tulang.
Keropos tulang otomatis membuat tulang lemah, tak tahan tekanan, pergerakan menjadi sangat terbatas, membuat badan menjadi lebih pendek, membungkuk dan mudah mengalami patah tulang.

Pengobatan terhadap osteoporosis bertujuan untuk meningkatkan pembentukan tulang dan mengurangi resorpsi tulang. Dengan demikian dapat dikurangi kehilangan massa tulang yang dapat menyebabkan fraktur atau patah.

Karena itu pemenuhan kebutuhan gizi amatlah penting sebab bermanfaat untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang. Zat gizi penting yang dibutuhkan tulang terdiri kalsium, boron, mangaan dan vitamin D.

Sementara herbal yang dapat membantu menghadang laju kerapuhan tulang adalah baru cina (Atemisia vulgaris Linn).
Baru cina, juga dikenal sebagai mugwort, adalah tanaman yang tumbuh di Asia, Amerika Utara, dan Eropa Utara. Bagian tanaman yang tumbuh di atas tanah dan akar digunakan untuk membuat obat. Orang-orang menggunakan akar baru cina sebagai tonik dan untuk meningkatkan energi dan vitalitas.

Tanaman ini juga digunakan untuk mengobati gangguan perut dan usus termasuk kolik, diare, sembelit, kram, lemah pencernaan, infestasi cacing, osteoportisis dan muntah terus-menerus. Baru cina juga digunakan untuk merangsang asam lambung dan sekresi empedu. Selain itu juga digunakan sebagai obat hati, untuk meningkatkan sirkulasi dan sebagai obat penenang. Kegunaan lain termasuk pengobatan histeria, epilepsi dan kejang-kejang pada anak-anak. Perempuan dapat menggunakan baru cina untuk menstruasi yang tidak teratur dan masalah menstruasi lainnya.

Dalam kombinasi dengan bahan lain, akar baru cina digunakan untuk mengobati masalah mental (psikoneurosis), kelelahan yang berkepanjangan, depresi (neurasthenia), penyakit penyerapan (hipokondria), iritabilitas umum, gelisah, sulit tidur (insomnia), dan kecemasan.

Beberapa orang menerapkan lotion baru cina langsung ke kulit untuk meringankan gatal-gatal yang disebabkan oleh luka bakar.
Untuk mengatasi osteoporosis, ambil 10-30 gram daun baru cina direbus dengan 400 cc air bersih hingga tinggal separuhnya, setelah dingin disaring, hasilnya diminum sekaligus. Meminum kedelai dan olahannya juga dapat membantu menguatkan tulang.
Banyak produk susu yang dibuat dari kedelai untuk menghambat terjadinya kerapuhan tulang. Banyak makanan yang dibuat dari kedelai juga memiliki manfaat yang sama dengan susu kedelai. Dalam biji kedelai terdapat protein, kalsium, fosfor, besi lemak, belerang, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan vitamin K. (dari berbagai sumber)-(Jbo)

 

Read previous post:
MEMPERKUAT KONEKTIVITAS REGIONAL ASIA – Thai Lion Air Tambah Frekuensi Terbang ke Jakarta dari Bangkok

JAKARTA (MERAPI) - Thai Lion Air yang tergabung dalam Lion Air Group, Senin (23/4) merayakan penambahan frekuensi terbang dari Bandar

Close