HARI INI UNBK SMP – 14 Sekolah di Sleman Menumpang

SLEMAN (MERAPI) – Senin (23/4) hari ini, 14.880 siswa SMP se-Kabupaten Sleman akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Dari 140 SMP/MTs baik negeri maupun swasta, 126 ujian mandiri. Sedangkan 14 sekolah menumpang. Semuanya adalah sekolah swasta, 11 SMP dan tiga MTs. Untuk 55 SMP negeri dipastikan semuanya ujian mandiri.

Selain itu, tahun ini ada tujuh SMP negeri yang tahun ini ujian mandiri untuk pertama. SMPN 1-4 Prambanan, SMPN 1 Berbah, SMPN 1 Pakem dan SMPN 1 Tempel. Persiapan ujian sudah dilakukan. Baik dari sekolah maupun siswa hingga dinas.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman Ery Widaryana mengatakan, dari Pemkab Sleman melalui ABPD memang sudah ada dukungan untuk UNBK. Tahun lalu sudah ada sekolah yang mendapatkan bantuan komputer. Sedangkan tahun ini ada yang dari kabupaten dan pusat melalui APBN.

“Bantuan dari ABPD berupa server dan komputer. Sedangkan yang dari APBN merupa laboratorium komputer. Tahun 2018 ini ada bantuan 185 PC dan 25 server dari kabupaten dan 11 sekolah yang mendapatkan bantuan laboratorium komputer dari APBN,” katanya, Minggu (22/4).

Ketika disinggung ada sekolah yang menggunakan laptop untuk ujian, Ery tidak mempermasalahkannya. Karena memang tidak ada larangan untuk itu. “Siswa membawa laptop sendiri tidak masalah. Nanti laptop tersebut akan disetting sesuai dengan keperuntukkan,” jelasnya.

Di SMPN 4 Ngaglik, untuk UNBK kali ini semuanya menggunakan komputer. Tidak ada yang menggunakan laptop. Selain itu, sekolah yang berada di Desa Sariharjo Ngaglik tersebut juga akan menyediakan genset. Pasalnya tahun lalu SMPN 4 Ngaglik sempat ditegur bupati karena terlambat dalam menyediakan genset. Padahal ujian hari pertama sudah hampir selesai. Meski tidak sampai ada pemadaman listrik, hal itu sangat disayangkan.

“Kami sudah menyewa genset. Sebagai langkah antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Sesuai juknis, anggaran genset akan diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” ujar Kepala SMPN 4 Ngaglik, Soesiyanto.
Tahun ini total peserta UNBK di SMPN 4 Ngaglik ada 122 siswa. Mereka akan ujian dalam tiga sesi dan semuanya menggunakan PC atau komputer. Tidak ada yang menggunakan laptop. (Awh)

Read previous post:
Upacara Adat Gebangkoro Wujud Syukur Kepada Tuhan

PURWOSARI (MERAPI) - Ratusan warga Dusun Temon, Giripurwo, Purwosari mengadakan upacara adat Gebangkoro. Mereka berjalan kaki menempuh jarak sekitar 2

Close