Tim Evakuasi Fokus Ungkap Teras III Situs Liyangan

MERAPI-Zaini Arrosyid Tim ekakavasi membuka tanah untuk mendapatkan temuan berharga
MERAPI-Zaini Arrosyid
Tim ekakavasi membuka tanah untuk mendapatkan temuan berharga

TEMANGGUNG (MERAPI) – Tim ekskavasi Situs Siyangan fokus mengungkap misteri teras III Situs Liyangan pada ekskavasi yang dilakukan April 2018 di situs peninggalan zaman Mataram Kuno yang berada di lerang Gunung Sumbing di Desa Purbosari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta Sugeng Riyanto mengatakan ekskavasi pada April 2018 difokuskan pada teras III yakni ingin mengungkap lebih dalam keruangan. Berdasar hasil ekskavasi 2016, di teras yang berada di bawah teras II ini terindikasi tidak hanya candi saja melainkan bangunan lain.

” Ada ruang-ruang di teras III ini, kami ingin tahu. salah satu isi ruang itu adalah candi yang kini sudah terbuka,” katanya, Minggu (22/4).

Dia mengatakan di teras III ini batas antar ruang ditandai struktur-struktur batu kali atau border. Di ruang itu, temuan sementara terdapat sisa bangunan yang jumlahnya cukup banyak. Bangunan-bangunan itu dari bahan organik seperti kayu, bambu, dan ijuk.

Dijelaskan inti sasaran ekskavasi ada dua, yang pertama mengetahui tata ruang secara spesifik seperti apa teras III, karena keyakinan bahwa areal utama pemujaan di teras I dan II dan di teras III merupakan campuran, yakni areal pemujaan dan ada pemukiman.

” Di teras III ada pemujaan tetapi juga bercampur dengan bangunan-bangunan nonibadah, buktinya tata ruang dari border dan bahan bangunan dari kayu, bambu, dan ijuk,” katanya.

Sasaran kedua dalam ekskavasi ini, terangnya, dan itu merupakan hal yang paling penting adalah teras III tampak semua dan bersih sehingga nanti pengunjung bisa melihat kalau situs ini sangat kompleks dan sangat menarik.

Dia mengatakan ekskavasi sudah mulai pada Senin (16/4) dan akan berlangsung selama 10 hari. Selain tim dari Balar, sejumlah warga lokal juga dilibatkan untuk ekskavasi.

Dikatakan, dalam beberapa tahun ekskavasi, telah berhasil membuka teras I dan II, sedangkan teras III sedang mencoba dibuka pada ekskavasi saat ini. Sedangkan teras belum tahun mulai kapan, sebab dengan waktu yang 10 hari dirasa belum cukup untuk membuka teras III. ” Yang pasti teras III dan IV sudah terbuka sebagian, ekskavasi nanti bertahap,” katanya. (Osy)

Read previous post:
MERAPI-AGOES JUMIANTO Seno Gumira Ajidarma dan Buldanul Khuri dalam jumpa pers Mocosik Festival 2018.
Merayakan Buku dan Musik di BRI Mocosik Festival 2018

BUKU dan musik, menjadi dua kubu yang menarik ketika keduanya dikemas dalam sebuah acara bernama 'Mocosik'. Sebuah akronim yang dalam

Close