Tomat Turunkan Risiko Gangguan Jantung

MERAPI-SULISTYANTO Tomat dapat diproses menjadi olahan enak dan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Tomat dapat diproses menjadi olahan enak dan berkhasiat.

BAHAN alami wujud buah, sayur, biji,rimpang dan kulit batang tanaman berkhasiat mampu mendukung kesehatan. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini diyakini dapat membantu mewujudkan sehat serta bugar tanpa perlu biaya mahal, termasuk tomat.

Menurut warga Kasihan Bantul, Lysa Vansoren, bahan alami wujud tomat juga bagus untuk kesehatan. Baik tomat masih segar ataupun sudah diproses seperti menjadi minuman jus dan manisan/mirip kembang gula. Rutin mengkonsumsi tomat antara lain bisa membantu menurunkan risiko gangguan kesehatan pada jantung, meredam kelelahan , menambah nafsu makan serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia serta mengurangi resiko radang usus buntu.

“Tomat juga banyak mengandung vitamin C dan A yang bagus untuk kesehatan. Termasuk juga dapat dijadikan ramuan alami mendukung kesehatan kulit,” ungkapnya.

MERAPI-SULISTYANTO Lysa Vansoren.
MERAPI-SULISTYANTO
Lysa Vansoren.

Manfaat lain dari tomat, antara lain membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal serta mencegah kesulitan buang air besar. Bahkan bisa melawan diare serta membantu memulihkan fungsi lever. Sedangkan kandungan lycopene dalam tomat diyakini sebagai salah satu jenis anti oksidan alami. Bahkan, berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker prankeas dan kanker leher rahim.

Jika digunakan pada luar tubuh, misalnya membantu menghaluskan kulit wajah. Caranya, cukup meletakkan air jus tomat pada wajah. Lalu dibiarkan beberapa saat dan dibilas dengan air bersih. Sedangkan untuk mencerahkan kulit, cukup menggunakan satu buah tomat yang telah dihancurkan. Hasilnya digunakan sebagai masker alami. Adapun sebagai penggempur jerawat, yakni cukup dengan merebus tomat lalu dipotong-potong. Hasilnya digosokkan pada bagian yang berjerawat. Selanjutnya didiamkan sepuluh menit, lalu dibilas dengan air bersih. Cara ini perlu dilakukan rutin, agar memperoleh hasil maksimal.

“Penggunaan bahan alami tomat bisa dipadu juga dengan bahan alami berkhasiat lain seperti madu,” paparnya. (Yan)

 

 

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Para pelaku teror pecah lampu dan barang buktinya diamankan di Polsek Sanden.
MOTIF TAK JELAS, WARGA TUNTUT GANTI RUGI KERUSAKAN-Warga Tangkap Pelaku Teror Perusakan Lampu

SANDEN (MERAPI)-  Sudah beberapa hari terakhir, warga Pedukuhan Sanden dan Pucanganom, Murtigading, Sanden, Bantul dibuat resah dengan aksi perusakan lampu

Close