GELAPKAM MOTOR DAN HP- Wisatawan Diajukan ke Pengadilan

ilustrasi
ilustrasi

YOGYA (MERAPI) – Seorang wisatawan, SAD (35) diajukan ke muka persidangan Pengadilan Negeri (PN) Yogya, Kamis (19/4). Terdakwa didakwa telah melakukan penipuan dan penggelapan sepeda motor dan HP milik saksi korban,Fajar Setiawan.

Jaksa penuntut umum Meilinda Nainggolan SH dalam dakwaan mengungkapkan, pada Jumat 8 Desember 2017 pukul 11.00, terdakwa datang ke home stay Abra Kadabra di Jalan Minggiran Baru Suryodiningratan Mantirijeron Kota Yogyakarta untuk menginap. Untuk itu saksi Fajar Setiawan yang bekerja di home stay tersebut kemudian mengenal terdakwa.

Selanjutnya pada Minggu 10 Desember 2017 sekitar pukul 10.00, terdakwa mengatakan kepada saksi Fajar mau menyewa sepeda motor. Setelah itu saksi Fajar menawarkan 1 unit sepeda motor Honda Beat warna hitam miliknya untuk disewa oleh terdakwa.

Sehingga pada saat itu terdakwa setuju untuk menyewa sepeda motor selama 4 hari dengan biaya perharinya sebesar Rp 50 ribu. Kemudian terdakwa membayar uang muka sewa sepeda motor tersebut sebesar Rp 50 ribu dan sisanya akan dibayar kemudian.

Selanjutnya saksi Fajar menyerahkan sepeda motornya beserta kunci dan STNK kepada terdakwa di halaman home stay. Setelah itu pada Rabu 13 Desember 2017, terdakwa mengatakan ingin membeli handphone (HP) milik saksi Fajar. Saksi Fajar pun setuju untuk menjual 1 unit HP merk Lenovo K4 miliknya.

Namun terdakwa berkata mau membawa HP terlebih dulu untuk ditunjukkan kepada pacarnya. Karena menurut terdakwa yang akan membeli HP adalah pacarnya. Tetapi sampai dengan batas waktu yang disepakati terdakwa tak mengembalikan motor maupun HP milik saksi korban.

Akibat perbuatan terdakwa, saksi korban mengalami kerugian sebesar Rp 15 juta. Perbuatan terdakwa diancam pidana dalam pasal 372 KUHP dan pasal 378 KUHP. (C-5)

Read previous post:
SAKSI PENUNTUT UMUM MANGKIR- Sidang Perusakan Kafe Ditunda

  BANTUL (MERAPI)- Majelis hakim yang diketuai Subagyo SH MHum terpaksa menunda persidangan dengan dua terdakwa perusak kafe, AJ (18)

Close