PENJUAL MIRAS DIDENDA RP 45 JUTA -Tak Punya Uang, Pilih Penjara 3 Bulan

 

 Terdakwa (kanan) bersama ayahnya saat menghadap petugas kejaksaan dan menyatakan memilih menjalani hukuman. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

Terdakwa (kanan) bersama ayahnya saat menghadap petugas kejaksaan dan menyatakan memilih menjalani hukuman. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Pengadilan Negeri (PN) Bantul tak memberi ampun kepada para penjual minuman beralkohol di Kabupaten Bantul. Setelah menjatuhkan denda Rp 45 juta kepada penjual miras beberapa waktu lalu, kini pengadilan kembali menjatuhkan denda Rp 45 juta subsider 3 bulan kurungan kepada Eri Susanta (24) warga Gegulu Desa Gulurejo Lendah Kulonprogo di sidang tindak pidana ringan (tipiring) di PN Bantul, Kamis (19/4). Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah menjual minuman beralkohol tanpa dilengkapi izin.

Istri dan ayah terdakwa sontak menangis atas denda yang dijatuhkan hakim Dewi Kurniasari SH. Karena tak memiliki uang untuk membayar denda maka terdakwa memilih untuk mejalani hukuman selama 3 bulan.

Untuk itu kejaksaan langsung melalukan eksekusi dan menjebloskan terdakwa ke penjara dan membawa ke Rutan Pajangan Bantul. Perbuatan terdakwa menjual miras tanpa izin terbukti bersalah dan secara meyakinkan melanggar pasal 8 dan pasal 21 Perda No 2 Tahun 2012 tentang pengaturan penjualan minuman beralhohol.

Hal-hal yang memberatkan hukuman, perbuatan terdakwa dilakukan berulang kali, meresahkan masyarakat dan merusak generasi muda.

Dalam putusan terungkap, sebelum diajukan ke persidangan terdakwa telah tertangkap 2 kali berjualan miras di wilayah Bantul. Awalnya terdakwa tertangkap dengan berjualan miras dengan disita barang bukti berupa 12 botol Vodka dan 18 Anggur Orang Tua.

Meski telah tertangkap dan belum diajukan ke persidangan terdakwa kembali berjualan miras. Saat penggerebekan kedua kembali diamankan barang bukti berupa 32 botol Bir Bintang, 18 botol Anggur Merah dan 6 botol Vodka. (C-5)

 

Read previous post:
681.477 Warga Karanganyar Masuk DPT Pilkada Serentak

KARANGANYAR (MERAPI) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) membuka layanan ekstra rekam KTP elektronik di kantor KPU tiap Sabtu-Minggu

Close