BEBEK GORENG DAN BACEM LIDAH SAPI – Kena Rasanya, Galak Sambalnya

MERAPI-SULISTYANTO Mercon bebek, bebek goreng, bacem lidah sapi dan nasi uduk.
MERAPI-SULISTYANTO
Mercon bebek, bebek goreng, bacem lidah sapi dan nasi uduk.

SELAIN menu makanan maupun minuman, keberadaan sambal bisa mendukung eksisnya suatu lokasi kuliner. Pasalnya, tak jarang pemburu kuliner biasa mencari masakan dengan sambal yang lezat serta pedas. Ketika perpaduan makanan dan sambal cocok di lidah konsumen, peluang laris, eksis dan banyak didatangi konsumen kian tinggi.

Seperti halnya di lokasi kuliner Bebek Galak (Begal) Jogja, masakan andalan mulai dari bebek, ayam sampai lidah sapi dimasak semaksimal mungkin. Sambal yang tersedia bahkan banyak yang pedas alias galak. Wajar jika slogan lokasi kuliner ini, yakni <I>Kena Rasanya, Galak Sambalnya<P>. Kian terkesan dan betah di tempat ini, selain masakannya, tata ruang dan hiasan dinding pun terasa artistik serta nyaman.

“Masakan bebek di tempat kami, misalnya ada bebek goreng, bebek mercon dan kepala bebek. Ada lagi ceker bebek goreng, satu porsi isi delapan ceker. Kami memilih ada masakan ceker, karena tak sedikit konsumen merasa senang dan asyik serta gurih ketika makan ceker bebek maupun ayam,” papar pemilik Begal Jogja, Hj Nina Kurnia, baru-baru ini.

Lain halnya dengan masakan ayam, misalnya ada ayam goreng kampung, kepala ayam dan ceker ayam. Bahkan tersedia juga masakan ayam goreng utuh. Sedangkan yang berbahan <I>jeroan<P> terutama rempela-ati bebek serta ayam. Tak kalah lezat, apalagi dipadu dengan sambal galak yakni masakan bacem lidah sapi. Dengan bumbu bacem yang khas serta tekstur lidah empuk menjadikan masakan ini juga banyak dipesan konsumen.

Ditambahkan, saat ini lokasi kulinernya ada dua tempat, yaitu di kawasan Jalan Taman Siswa serta Ruko Pasar Rejodani kawasan Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 10 Sleman. Selain aneka masakan yang dimasak semaksimal mungkin, sehingga cita rasa tak mengecewakan konsumen, pihaknya juga menyediakan aneka jenis minuman, bahkan ada yang berbahan jahe, mentimun, jeruk, cokelat serta kopi.

“Kami sekeluarga setiap ke Yogya termasuk yang senang membeli masakan dan minuman di Begal Jogja. Semua makanan dari berbahan bebek sampai lidah sapi enak dan mantap. Pilihan nasinya, ada nasi biasa dan uduk. Minumannya apalagi yang berbahan jahe, selain segar juga menyehatkan,” papar Slamet asal Jawa Timur. (Yan)

Read previous post:
Teladani Semangat Jihad Pangeran Diponegoro

PENGAJIAN akbar mengundang penceramah kondang sudah banyak dipraktikan pengurus takmir masjid. Namun, pengajian akbar dengan pentas wayang dengan lakon Diponegoro

Close