IBI RSUD SLEMAN BAKSOS IUD GRATIS – Deteksi Dini Cegah Kanker Leher Rahim

MERAPI-AWAN TURSENO Siti Ropingah memberikan sambutan pada baksos IBI.
MERAPI-AWAN TURSENO
Siti Ropingah memberikan sambutan pada baksos IBI.

SLEMAN (MERAPI) – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ranting RSUD Sleman menyelenggarakan bakti sosial pemasangan IUD gratis, IVA tes dan penyuluhan kesehatan reproduksi, dalam rangka HUT ke-67 IBI. Acara dilaksanakan di Gedung Pelayanan Terpadu lantai I RSUD Sleman, Minggu (15/4).

Ketua IBI ranting RSUD Sleman, Siti Ropingah mengatakan, baksos tersebut diikuti 23 orang sebagai peserta pemasang IUD dan 108 orang mengikuti IVA tes. Selain IUD dan IVA,  baksos juga akan dilanjutkan pada Minggu 5 Mei 2018 dengan kegiatan penyuluhan gizi dan senam lansia.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi pada masyarakat tentang menjaga kesehatan reproduksi serta pentingnya deteksi dini kanker leher rahim (serviks). Melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat khususnya wanita usia subur (WUS) dapat teredukasi dan termotivasi untuk menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang dalam rangka membantu pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

“Kegiatan ini sebagai upaya preventif dan promotif kepada masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat serta menurunkan angka kematian dan kesakitan akibat kanker leher rahim,” jelasnya.

Sementara itu perwakilan Pengurus Daerah IBI DIY,  Istri Yuliani yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kegiatan baksos yang diadakan oleh IBI ranting RSUD Sleman. Menurutnya  deteksi dini kanker serviks melalui IVA tes sangat penting.

“Kanker serviks penyebab kematian perempuan nomer dua setelah kanker payudara,” tegasnya.

Istri menambahkan, pelayanan IVA merupakan metode sederhana dan mudah yang dianjurkan untuk deteksi dini kanker serviks pada WUS.  Sedangkan KB IUD penting untuk mengatur kehamilan sehingga tidak ada kejadian hamil 4T, yaitu terlalu tua, terlalu muda, terlalu dekat, dan terlalu banyak.

“Melalui KB IUD diharapkan dapat menurunkan angka kematian pada ibu dan bayi,” pungkasnya. (Awn)

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Biduan dangdut XN digelandang ke sel usai kepergok ngoplo.
DIBEKUK USAI MANGGUNG-Biduan Cantik Sering Bagi-bagi Pil Koplo Gratis

WATES (MERAPI) - Biduan dangdut asal Kota Yogyakarta yang tengah naik daun, XN (19) ditangkap petugas Polres Kulonprogo setelah ngoplo

Close