Terkait Soal Matematika UNBK Hilang, Tak Ada Penjelasan Penyebab Server Error

KARANGANYAR (MERAPI) – Panitia ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA/MA di Karanganyar tak tahu menahu penyebab sebagian soal ujian matematika pada sesi I dan II, Selasa (10/4) gagal diunduh. Panitia berharap peserta ujian tetap bersemangat dan berprasangka baik.

“Yang jelas permasalahan kemarin tidak terulang lagi. Hari ini lancar. Soal ujian Bahasa Inggris dapat diunduh dan tampil semua. Mengenai penyebab masalah kemarin, kami tidak tahu dan juga tidak diberitahu penyebabnya oleh panitia penyelenggara UNBK dari provinsi,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA di Karanganyar, Bagus Nugroho, Rabu (11/4).

Pria yang menjabat kepala SMAN 1 Karanganyar ini mengatakan para peserta UNBK tak ada yang mengeluhkan secara langsung ke sekolah karena harus mengulang mengerjakan ujian di luar jadwal reguler. Di sekolahnya, sebanyak 136 peserta UNBK sesi I mengulang ujian pada Selasa (11/4) pukul 18.00 WIB-20.00 WIB. Dari 40 butir soal, hanya separuhnya saja keluar di layar monitor saat mereka mengerjakannya pukul 07.30 WIB-09.30 WIB. Persoalan sama dialami peserta sesi II, yang mengulang ujian pukul 13.00 WIB-15.00 WIB.

“Semua yang mengalami masalah itu, ikut mengulang meski sampai malam. Ujian ini kebutuhan siswa, jadi mereka menyadari memang harus mengikuti. Daripada harus menempuh ujian susulan,” lanjutnya.

Berdasarkan penelusuran KR, persoalan diduga server eror yang mengakibatkan sebagian soal matematika UNBK hilang dialami 115 SMA dan 70 MA di Jawa Tengah atau 602 server. Dari jumlah itu, Kabupaten Karanganyar menggunakan 75 server. Panitia UNBK di daerah tersebut membuka sesi tambahan Selasa sore bagi peserta UNBK yang menjalani sinkronisasi ulang dengan sistem tersebut.

Seorang peserta UNBK asal SMAN 2 Karanganyar, Wafiq Fadhilah Firdadinata mengatakan insiden tersebut membawa hikmah.

“Menurutku, ada untungnya kalau UN diulang dengan jeda beberapa jam. Di waktu sela itu, kita bisa belajar lagi. Masih ingat materi yang keluar. Lagian yang diujikan sore, sama persis dengan yang keluar pagi meski hanya sebagian. Namun ada ruginya, harus mengerjakan dan mikir dua kali,” katanya. (Lim)

Read previous post:
Korem 072/Pmk Gelar Latihan Posko Penanggulangan Bencana

TEMANGGUNG (MERAPI) - Korem 072/Pamungkas Yogyakarta melaksanakan latihan posko penanggulangan bencana di Kodim 0706/Temanggung, Rabu (11/4). Komandan Resort Militer (Danrem)

Close