Wanita Penipu Gelapkan Dua Motor Rental

 

ilustrasi
ilustrasi

YOGYA (MERAPI) – Seorang wanita penipu, PDK (30) warga Yogyakarta mulai diajukan ke muka persidangan Pengadilan Negeri (PN) Yogya, Selasa (10/4). Terdakwa yang melakukan penipuan dan penggelapan dua motor rental dijerat dengan pasal 378 KUHP dan 372 KUHP. Dalam dakwaan, jaksa Rochmanto Nugroho SH mengungkapkan, awalnya saksi korban Windy Asmini yang yang membuka usaha rental motor di Surokarsan Wirogunan Yogyakarta didatangi terdakwa bermaksud untuk menyewa motor selama 10 hari.

Setelah itu saksi korban menunjukkan 1 unit sepeda motor Yamaha Mio warna merah marun tahun 2012 dengan plat AB 6690 LJ. Setelah itu saksi korban memberikan persyaratan uang sewa setiap hari Rp 35.000 dengan jaminan KTP atau Kartu Keluarga asli. Selanjutnya terdakwa sepakat untuk menyewa sepeda motor dan terdakwa menyerahkan jaminan KTP dirinya dan uang sewa Rp 350.000 untuk menyewa sepeda motor selama 10 hari.

Kemudian pada Rabu 8 Juni 2016 pukul 11.00 terdakwa kembali lagi untuk menyewa 1 unit sepeda motor dengan alasan untuk mengantar roti. Setelah itu saksi korban menunjukan sepeda motor suzuki Nex warna hijau tahun 2012 nopol AB 2468 DI dengan uang sewa per hari sebesar Rp 30.000. Selanjutnya terdakwa setuju dan membayar uang sewa untuk 10 hari sebesar Rp 300.000.

Setelah habis masa sewa sepeda motor tersebut terdakwa datang lagi ke rumah saksi korban untuk memperpanjang 2 unit sepeda motor. Hingga akhirnya sampai dengan bulan Desember 2017 terdakwa tidak membayar uang sewa dan sudah dihubungi saksi korban melalui nomor telepon tidak aktif dan dicari di rumahnya tidak ketemu.

Ternyata terdakwa sengaja menyewa sepeda motor milik saksi korban untuk digadaikan ke pihak lain. Atas kejadian tersebut saksi korban mengalami kerugian mencapai Rp 16.000.000. (C-5)

Read previous post:
Petugas Awasi Pedagang, Harga Kebutuhan Pangan Dijual Sesuai HET

SUKOHARJO (MERAPI) - Harga Eceran Tertinggi (HET) kebutuhan pangan wajib diterapkan semua pedagang menyesuaikan kebijakan pemerintah pusat mulai 1 April.

Close