TEPUNG MOCAF TERBUAT DARI SINGKONG- Cocok Dijadikan Bahan Baku Aneka Kue

TEPUNG MOCAF TERBUAT DARI SINGKONG- Cocok Dijadikan Bahan Baku Aneka Kue
TEPUNG MOCAF TERBUAT DARI SINGKONG- Cocok Dijadikan Bahan Baku Aneka Kue

BERAGAM jenis tepung beredar di pasaran dan telah dikenal warga, misalnya tepung terigu, jagung dan gandum. Ada lagi tepung mocaf, yakni salah satu jenis tepung modifikasi terbuat dari singkong.

Tepung mocaf diyakini memiliki karakteristik mirip dengan terigu, sehingga cocok dijadikan bahan baku pembuatan aneka kue ataupun jajanan pasar. Selain mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sangat baik juga dikonsumsi yang memiliki alergi ataupun tak bisa mencerna dengan baik segala olahan yang berbahan dasar terigu.

“Mocaf dikenal pula sebagai tepung gluten free, bahkan mempunyai tinggi kandungan serat dan bisa dijadikan bahan membuat aneka kue maupun cake sehat,” ungkap Chef Arifatun saat ditemui di sela-sela acara Baking Demo di Sleman, baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut ia mendemokan cara-cara mengolah tepung mocaf menjadi berbagai macam makanan sehat, antara lain brownies, banana cheese cake, carrot cake serta red velvet. Bahkan bakpia mocaf, sehingga diharapkan para peserta mampu piawai membuat bakpia berbahan tepung mocaf serta bisa menjadi produk oleh-oleh khas tak kalah dengan bakpia umumnya.

Salah satu panitia even, Dyahdy Kusumandari dari My Dydy Organizer menambahkan, dengan terselengaranya Baking Demo bersama Mocaf Bogati ini akan lebih mengenalkan juga tepung Mocaf Bogati Pacitan khususnya oleh para pelaku baking di area Jateng-DIY serta Indonesia pada umumnya, sehingga berimbas pada meningkatnya kwantitas produksi tepung tersebut dan otomatis juga berimbas pada peningkatan perekonomian pelaku UMKM pengguna tepung Mocaf Bogati.

“Kami rutin menyelengarakan even-even baking dengan harapan antara lain, semoga selalu bermanfaat bagi pelaku baking khususnya maupun bagi pelajar SMK dan mahasiswa Tata boga, bahkan bagi siapa saja yang baru akan belajar baking,” papar Dyah.

Ditambahkan, acara ini diikuti 84 peserta antara lain dari dari DIY, Klaten, Solo, Wonogiri, Sragen, Pacitan, Semarang, Temanggung, Kebumen dan Purwokerto. Ada juga peserta dari siswa kelas 5 SD, SMK tata boga, mahasiswa tata boga, pelaku baking Jateng-DIY bahkan beberapa pengusaha cake, bakery dan kafe cukup terkenal di DIY. Semua antusias mengikuti acara dari awal sampai selesai.

Peserta asal Ambarketawang Sleman, Ari Widiastuti menjelaskan, ia merasa senang bisa mendapat tambahan ilmu, wawasan maupun pengetahuan seputar pengolahan tepung mocaf ketika bisa mengikuti even tersebut. Karena ia menjadi wakil ketua kelompok wanita tani (KWT) di tempat tinggalnya, sehingga akan ditularkan kepada pengurus/anggota KWT-nya. Selain itu secara pribadi akan bisa memperkaya resep membuat kue/jajanan besar dengan menggunakan mocaf.

“Terutama setiap bulan Ramadan, saya sudah mulai banyak membuat kue kering. Tahun ini, ada rencana saya bisa membuat beberapa jenis kue baru yang berbahan baku tepung mocaf,” tandasnya. (Yan)

Read previous post:
UNBK SMA DI SLEMAN – Sakit, Sherina Ujian di Rumah

DEPOK (MERAPI) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA hari pertama, Senin (9/4), di Kabupaten Sleman berjalan lancar.

Close