Sopir Jip Wisata Nakal Ditindak Tegas

Jip Willys maut yang menewaskan wisatwan diamankan di Mapolsek Pakem
Jip Willys maut yang menewaskan wisatawan beberapa waktu lalu diamankan di Mapolsek Pakem.

SLEMAN (MERAPI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Pariwisata (Dinpar) Sleman, mempersilakan operator Jip Wisata Lava Tour Merapi menindak komunitas maupun oknum sopir yang diketahui tidak taat peraturan untuk meminimalisir kecelakaan jip wisata yang sudah dua kali terjadi di lereng Merapi.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih kepada wartawan, Senin (9/4) mengatakan, hal tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang disepakati oleh operator Jip Wisata Lava Tour Merapi. Sikap tegas tersebut dilakukan untuk mencegah kecelakaan yang sama tidak terulang kembali.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pengelola jip wisata, kalau ada yang melanggar harus ditindak,” ujar Sudarningsih.

Pasca insiden kecelakaan jip wisata awal tahun ini, pihaknya telah melakukan pendataan anggota berdasarkan nama. Dikatakan, dokumen kerjasama dengan operator jip dirancang untuk membuat pakta integritas mengenai keselamatan berkendara.

Sedangkan untuk oknum-oknum yang bandel, asosiasi memiliki hak untuk melakukan penindakan sesuai SOP. Sanksi yang diberikan pun dapat berupa skorsing untuk tidak mengoperasikan jip hingga satu bulan lamanya.

“Asosiasi yang berhak memberikan sanksi, karena sudah kesepakatan dengan dinas, kalau ada yang melanggar akan ditindak,” katanya.

Dengan demikian pihaknya berencana membuatkan SK Bupati untuk jalur-jalur wisaya yang akan dilalui jip. “Asosiasi sudah buat SOP yang wajib ditaati oleh seluruh anggota, agar keselamatan wisatawan terjamin,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya jip wisata Lava Tour Merapi kembali mengalami kecelakaan, kali ini di selatan Bungker Kaliadem pada Sabtu (7/4) pukul 10.00 pagi.

Akibat kecelakaan tersebut seorang mahasiswa bernama Anton Kurniawan (30) warga Kemetiran, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogyakarta mengalami pendarahan di kening bagian kiri dan diperkirakan patah tulang tangan kanan.

Kecelakaan yang melibatkan jip Lava Tour Merapi bukan kali ini saja terjadi. Pada awal tahun ini, kejadian serupa menyebabkan wisatawan asal Pati harus merenggang nyawa. (Shn)

Read previous post:
Pendopo KB Bakal Dibongkar untuk Mangkal Andong-Becak Malioboro

DANUREJAN (MERAPI) - Setelah mulai membangun pusat PKL di Eks Bioskop Indra, Pemkot Yogya kini tengah mengupayakan relokasi mangkal becak

Close