Jual Kepiting Ukuran Kecil Diadili

ilustrasi
ilustrasi

 

YOGYA (MERAPI) – Pedagang kepiting, H Mds (60) warga Gondokusuman Yogyakarta diajukan ke meja hijau Pengadilan Negeri (PN) Yogya, Kamis (5/4). Terdakwa didakwa telah memperjualbelikan kepiting kecil di bawah 200 gram tanpa izin pihak berwenang.

Dalam dakwaan yang dibacakan jaksa Andreas Yudotomo SH terungkap, pada Minggu 31 Desember 2017 pukul 03.30 petugas Direktorat Polisi Perairan Polda DIY melakukan penggerebekan mobil bak terbuka di Jalan Jenderal Sudirman Gondokusuman Kota Yogyakarta yang membawa kepiting milik terdakwa.

Penyelidikan sendiri dilakukan berdasarkan sprint tugas dari Kasubdit Gakkum Direktorat Polisi Perairan Polda DIY Nomor: Sprin/22/XII/2017/Subdit Gakkum tertanggal 19 Desember 2017.
Selanjutnya setelah mobil diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan petugas ternyata ditemukan muatan 180 ekor kepiting (scylla spp) di bawah ukuran 200 gram sesuai dengan penimbangan di Mako Direktorat Polair Polda Daerah Istimewa Yogyakarta tanggal 31 Desember 2017.

Selain itu di dalam mobil terdapat 2 orang penumpangnya sopir dan kernet. Rencana kepiting tersebut akan dikirim ke lapak milik terdakwa di Jalan Cik Ditiro Kota Yogyakarta untuk diperjualbelikan.

Saksi Soni sebagai sopir dan Samaun sebagai kernet mendapat titipan kepiting dari orang yang tidak dikenal di area Pasar Kobong Semarang. Setiap kali menitipkan kepiting kedua saksi hanya diberitahu kalau kepiting tersebut milik terdakwa.

Sesuai pendapat ahli dari Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi DIY, perbuatan terdakwa memperjualbelikan kepiting ukuran karapas di bawah ukuran 15 cm dan memiliki berat ukuran kurang dari 200 gram adalah perbuatan yang tidak dibenarkan.

Selama ini terdakwa tidak mempunyai hak dan kewenangan serta tidak mempunyai izin dari pejabat yang berwenang untuk memperjualbelikan kepiting dengan ukuran berat di bawah 200 gram. Perbuatan terdakwa dijerat pidana dalam pasal 100 huruf C jo pasal 7 ayat 2 huruf J UU No 45 tahun 2009 tentang Perikanan. (C-5)

Read previous post:
KORBANNYA PEREMPUAN- Menganiaya dan Merampas, 2 Penculik Didor

  SEMARANG (MERAPI)- Dua penculik yang menganiaya dan merampas harta korbannya, umumnya wanita setengah baya, berhasil dibekuk Resmob Polrestabes Semarang.

Close