Daun Alamanda Pereda Demam

MERAPI-SULISTYANTO Alamanda dapat dijadikan tanaman obat alami.
MERAPI-SULISTYANTO
Alamanda dapat dijadikan tanaman obat alami.

TANAMAN hias jenis alamanda dapat difungsikan juga sebagai tanaman obat. Terutama jenis alamanda bunga warna kuning, bagian daun-daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat alami, antara lain  pereda demam, penawar racun serta penggempur sembelit. Cara pemanfaatannya pun tak sulit alias mudah dipraktikkan.

Sebagai pereda demam, yakni bisa merebus bagian daun-daun alamanda. Lalu dimasukkan ke dalam ember atau baskom. Selanjutnya digunakan untuk menguapi badan yang panas. Sedangkan untuk membantu menyerang sembelit, bagian daunnya cukup diseduh dengan air panas. Diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Sedangkan ramuan alami lain agar sembelit bablas, yakni menggunakan daun ginje segar  sebanyak lima  gram. Bahan ini dicuci bersih dalam satu gelas air selama 15 menit. Setelah itu disaring dan diminum dalam keadaan hangat maupun dingin.

Jika digunakan untuk pemakaian luar seperti kurap, bisul dan abses.Caranya, bagian daun dicuci bersih dahulu lalu ditumbuk halus  dan dibalurkan pada tempat yang sakit. Sebagai penawar keracunan, daun alamanda segar sebanyak 15 gram dan  dicuci bersih. Selanjutnya direbus dengan satu gelas air selama 15 menit, didiamkan sejenak dan disaring. Hasil saringan diminum dua kali sama banyak selang satu jam.

Adapun ciri tanaman alamanda, yakni termasuk tanaman perdu mempunyai ketinggian bisa sampai enam meter.  Di Indonesia alamanda dapat ditemukan pada ketinggian 10 sampai 850 meter diatas permukaan laut. Mempunyai daun tunggal yang tebal, bentuk lanset dengan ujungnya runcing dan pangkal menyempit. Bagian tepi daun rata, panjangnya antara sekitar 10-20 cm dan lebar 2-6 cm. Bagian bunga keluar dari ujung batang, mahkota berlekuk lima, warna mayoritas  kuning maupun kuning kecoklatan. Getah dari batangnya beracun dan bisa digunakan untuk mematikan belatung dan jentik nyamuk. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Bekatul Musuh Kanker Usus

BEKATUL dari jagung maupun padi mempunyai beberapa manfaat kesehatan. Cara mengolah atau menggunakannya juga beragam, misalnya dibuat wujud bubur, dikukus

Close