Kursus Pelatih Lisensi D Nasional Diikuti 60 Peserta

Bambang Nurdiansyah ketika memberikan materi di Stadion Tridadi. (MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA)
Bambang Nurdiansyah ketika memberikan materi di Stadion Tridadi. (MERAPI-SWADESTA ARIA WASESA)

SLEMAN (MERAPI) – Sebanyak 60 pelatih SSB dan sepakbola mengikuti Kursus Pelatih D Nasional yang digelar Askab PSSI Sleman bersama Dispora Sleman sejak Sabtu (24/3). Dari 60 peserta ada 10 pelatih yang berasal dari luar Sleman.

Hingga Senin (25/3) ini mereka mendapatkan materi dari pemateri dari PSSI pusat dan pelatih sepakbola berpengalaman seperti Bambang Nurdiansyah, Dananjaya serta eks pelatih Mitra Kukar Yudi Suryata yang diasisteni Edi Broto.

Pembukaan dihadiri Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi yang berharap agar kepelatihan ini mampu meningkatkan kualitas pelatih sepakbola di Sleman. Secara simbolis, Sri Purnomo juga membuka pelatihan ini bersama dua peserta yakni Herdiana Dewi dan Hanif Mustofa. “Kami harap pelaksanaan kepelatihan ini memberikan manfaat tidak hanya bagi Sleman namun juga Indonesia,” pesan Sri Purnomo.

Adapun materi diberikan di dalam dan luar ruangan. Hari pertama, para peserta diberikan materi seperti pengenalan kursus dan kontrak belajar, teori sepakbola dan bagaimana melatihnya, teori pelatihan, fase kegembiraan (koordinasi ball feeling, kelincahan, umpan, dan passing). Lalu Minggu (25/3) kemarin peserta diberikan materi teknik pembentukkan individu pemain, formasi, kurikulum pembinaan sepakbola, dan prinsip-prinsip pertahanan di Stadion Triadi.
Sedangkan hari ini materinya sesuai jadwal adalah prinsip penyerangan, prinsip pertahanan, dan fase pengembangan skill.

Ketua Panitia Kursus Pelatih Lisensi D Nasional, Drs Ediyanto mengatakan bahwa kursus kepelatihan ini digelar untuk meningkatkan kualitas para pelatih SSB di Sleman. Bagi Ediyanto, lisensi hal penting yang harus dimiliki para pelatih yang memunyai visi sama dengan PSSI Sleman, memajukan dan mengembangkan sepakbola sejak usia dini.

“Memang belum banyak yang memiliki lisensi padahal kami kira itu hal penting karena dengan adanya lisensi bakal menambah kemampuan pelatih untuk menaikkan kualitas para pemain usia dini di Sleman,” katanya. (Des)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
HADIAH MOTOR DIRAIH FARIZAL – 600 Peserta Ikut Jalan Sehat PWI DIY

YOGYA (MERAPI) - Sekitar 600 peserta mengikuti Jalan Sehat PWI DIY dengan start dan finis di Halaman Gedung PWI DIY

Close