Baru Dilahirkan, Bayi Dibuang ke Sungai

MERAPI-ISTIMEWA Polisi saat mengevakuasi mayat mayi dari sungai.
MERAPI-ISTIMEWA
Polisi saat mengevakuasi mayat mayi dari sungai.

WONOSARI (MERAPI)- Mayat bayi ditemukan di aliran Sungai Widoro Wetan Desa Bunder, Patuk, Gunungkidul pada Sabtu (24/3). Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut diperkirakan baru beberapa jam dilahirkan dan kemudian dibuang ke sungai. Hingga Minggu (25/3), polisi masih memburu pelaku pembuangan bayi itu.
Menurut keterangan, mayat bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh saksi Anton Fitriyadi (34) warga Dusun Gambiran, Bunder, Kecamatan Patuk. Saat itu ia tengah mencari ikan di sekitar aliran sungai dan melihat sesosok mayat bayi.

Awalnya ia mengira benda tersebut adalah sebuah boneka. Namun saksi curiga setelah melihat adanya rambut. “Karena penasaran lalu saya dekati, ternyata adalah mayat bayi. Saya langsung lapor polisi,” kata Anton. Petugas Polsek Patuk yang menerima laporan ini langsung menuju lokasi penemuan dan melakukan evakuasi.
Kapolsek Patuk Kompol Sumarwoto yang dikonfirmasi kemarin membenarkan adanya penemuan mayat bayi tersebut. Diduga, bayi tersebut dibuang oleh orangtuanya dan baru dilahirkan beberapa jam sebelum akhirnya dibuang. “Mayat bayi tersebut memiliki berat 3 kilogram dengan panjang 29 centimeter,” imbuh Kompol Sumarwoto.
Di tubuh bayi, ujar Sumarwoto, ditemukan sejumlah luka antara lain bagian belakang kepalanya, wajah bagian kanan sampai pipi kebiruan, serta hidung berdarah. Ia melanjutkan, tali pusar bayi laki-laki itu masih mengeluarkan darah. “Diperkirakan bayi ini meninggal 2 jam sebelum ditemukan,” katanya.

Dalam kejadian tersebut, polisi menyita barang bukti berupa kain biru bermotif kembang yang digunakan untuk membungkus mayat bayi. Pihak kepolisian sendiri hingga saat ini masih melakukan penyelidikan terkait kejadian tersebut. “Kita masih memburu pelaku pembuangan bayi dan berharap segera terungkap,” pungkasnya. (Pur)

 

Read previous post:
KPW BANK INDONESIA DIY GELAR ‘CAPACITY BUILDING’ – Publikasi Media Berpengaruh Positif bagi Masyarakat

SOLO (MERAPI) - Guna lebih meningkatkan peran media dalam perkembangan ekonomi daerah dan memberikan update mengenai tugas dan kebijakan terkini

Close